Saat berkendara terutama untuk yang menggunakan sepeda motor jenis bebek atau motor sport kedua kaki pengendara berada di masing-masing foot step sesuai fungsinya. Kaki kanan berada di foot step bagian kanan untuk mengendalikan rem belakang sedangkan kaki kiri bertugas untuk menaikan dan menurunkan tuas gigi persneling yang berada di sebelah kiri.

Dan ketika hendak mengentikan sepeda motor, terutama saat kemacetan atau terhenti karena keadaan darurat bagian kaki yang mana yang harus didahulukan turun dari foot step sepeda motor? Apakah kaki kanan, kaki kiri atau bisakah kedua-duanya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Safety Riding Promotion Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma.menjelaskan saat berhenti ketika berkendara, sepeda motor harus ditopang dengan baik dan kaki pengendara bertugas untuk menggantikan standar sepeda motor sementara untuk menahan atau menopang beban ketika berhenti sehingga sepeda motor lebih aman dan stabil. Tapi kaki pengendara yang pertama turun menginjak jalan atau lintasan untuk menahan motor disarankan adalah kaki bagian sebelah kiri.

"Hal ini dikarenakan lalu lintas di Indonesia adalah lajur kiri, maka setiap menghentikan motor pasti di kiri jalan, sehingga kendaraan dibelakang cenderung melewati motor yang berhenti itu dari sisi kanan, bila pengemudi berhenti dengan menurunkan kaki kanan dikuatirkan kaki kanan yang berada di sebelah kanan dapat terlindas kendaraan orang lain yang hendak menyalip" ujarnya.

Alasan lainnya kenapa disarankan untuk menurunkan kaki kiri terlebih dahulu adalah karena jenis transmisi yang digunakan. Untuk pengguna motor sport pada saat menghentikan motor, saat kaki kiri menginjak aspal disarankan kaki kanan tetap menginjak pedal rem sampai motor benar2 berhenti, sedangkan untuk kendaraan tipe matic kaki kanan disarankan tetap di area dek untuk membuat sepeda motor lebih stabil.

"Walaupun begitu, terkecuali jika berada dalam kondisi kemacetan atau jalanan yang padat merayap, ketika kita sedang melaju secara perlahan, kaki pengendara yang turun untuk menopang bisa bergantian atau bisa juga dua-duanya" tambahnya

Dan yang terpenting adalah saat berkendara kita diwajibkan untuk selalu menggunakan perangkat keselamatan berkendara seperti helm untuk melindungi kepala, jaket untuk area badan dan untuk melindungi bagian kaki wajib menggunakan alas kaki seperti sepatu supaya mengurangi resiko kerugian ketika terjadi kecelakaan.