Berbeda dengan dahulu dimana Windshield atau sering juga disebut Windscreen merupakan komponen aksesoris untuk modifikasi, Pada sepeda motor keluaran terbaru saat ini, Windshield sudah termasuk komponen bawaan langsung dari pabriknya. Bahkan menjadi salah satu fitur unggulan produk tersebut sehingga semakin memanjakan penggunaanya saat berkendara.

Windshield memiliki beragam jenis dan model yang menyesuaikan konsep desain dari sepeda motor. Komponen ini juga untuk mendukung estetika sehingga membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih keren dan proporsional.

Bukan hanya sekedar aksesoris untuk tampil keren saja, Windshiled ternyata memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang akan membuat pengguna sepeda motor menjadi lebih aman dan nyaman. Adapun fungsi daripada windshield sepeda motor, diantarnya.

1.Penahan angin

Sesuai namanya, Windshiled memiliki arti pelindung angin sehingga komponen ini berfungsi melindungi bagian tubuh pengendara dari terpaan angin dari arah depan sepeda motor. Windshield juga sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bukan hanya melindungi tubuh, tapi juga memecah angin sehingga tidak menghambat laju motor dan tetap stabil saat dikendarai.

2. Penahan hujan

Walaupun tidak melindungi tubuh secara maksimal, setidaknya windshiled pada sepeda motor juga bisa melindungi tubuh dari rintik hujan yang terbawa angin dari arah depan sepeda motor. Sehingga meminimalisir tubuh atau pakaian pengendara dari basah ketika hujan yang tidak terlalu deras.

3. Pelindung kerikil dan lumpur

Selain angin dan hujan, Windshield juga bisa melindungi tubuh pengendara dari kerikil, debut atau lumpur yang terbang baik akibat efek terkena putaran roda ban belakang kendaraan lain atau juga yang terbang terbawa angin. Terutama ketika pengendara melewati jalan rusak dan berdebut atau genangan air dan lumpu atau banjir ketika musim hujan.

Bukan hanya tubuh pengendara, windshiled juga bisa melindungi bagian komponen lain pada sepeda motor, seperti setang kemudi, spion, kunci kontak hingga panel speedometer sehingga tetap bersih saat berkendara.

4. Meningkatkan gaya berkendara

Untuk beberapa model, pihak pabrikan sudah mengaplikasikan desain Windshield yang lebih inovatif. Seperti New Honda ADV160 yang menggunakan model Two Step Adjustable Windscreen, dimana komponen Windshield bisa diatur dengan dua posisi secara manual.

Dan satu lagi sistem Electric Adjustable windscreen pada model Honda Forza 250 dimana penggunaanya dimanjakan dengan teknologi pengaturan ketinggian windshield secara elektronik yang dikendalikan melalui saklar. Tentunya untuk semakin meningkatkan gaya berkendara dan juga rasa percaya diri penggunanya.

Karena sudah dirancang sehingga lebih aman dan nyaman saat digunakan, sangat disarankan untuk tidak merubah dimensi baik itu tinggi atau lebar winshiled sepeda motor dari ukuran standarnya. Karena bisa berpotensi menyebabkan gejala sepeda motor tidak stabil, juga jika material bahan dari windshield yang memiliki kualitas yang kurang baik bisa berpotensi mengalami pecah atau retak ketika terkena terpaan angin yang terlalu kencang.

Sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor, Windhshield sepeda motor juga harus mendapat perawatan rutin. Periksa jika ada kerusakan, seperti gejala retak atau pecah maka harus segera mendapat pergantian dengan komponen baru, karena jika dibiarkan, pecahan windshield dapat berpotensi terlepas atau terhempas sehingga menyebabkan kecelakaan bukan hanya bagi penggunanya tapi juga bagi pengendara lain.

Jangan lupa juga untuk membawa sepeda motor Honda ke bengkel AHASS terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan pergantian windshiled atau komponen lainnya, sekaligus untuk memastikan performa sepeda motor selalu dalam kondisi prima. Gunakan layanan kunjung dan booking servis untuk layanan bebas antri.