Spion adalah salah satu komponen yang paling pada unit sepeda motor untuk membuatnya legal digunakan di jalanan umum, sehingga jika tidak menggunakan perangkat tersebut menjadi salah satu pelanggaran. Tujuannya tentu saja berkendara menjadi lebih waspada untuk mengetahui kondisi sekitar sehingga berkendara menjadi lebih aman.

Berbeda dengan kendaraan lainnya, Spion yang digunakan pada sepeda motor roda dua memiliki dua buah spion, diantaranya spion kiri dan spion kanan. Jenis kaca yang digunakannya juga biasanya menggunakan kaca cembung sehingga bisa merefleksikan kondisi sekitar menjadi lebih luas dan bisa terlihat dengan jelas saat berkendara.

Sedangkan untuk untuk mendukung gaya berkendara, saat ini spion sepeda motor memiliki banyak ragam dan jenis juga posisi, diantaranya.

1. Spion Standar

Spion yang sudah terpasang pada sepeda motor baru adalah spion standar dari pabrikan yang tentunya bukan hanya untuk membuat berkendara lebih aman, tapi juga sudah dilakukan uji dan kelayakan sehingga dari segi ukuran, posisi dan bentuknya sudah disesuaikan dengan posisi berkendara dan juga model motornya.

2. Spion Custom dan Variasi

Apapun jenis spion yang bukan berasal dari bawaan sepeda motor baru adalah spion variasi atau spion custom. Dan memiliki ragam jenis yang lebih bervariatif, diantaranya.

  • Spion Tomok

Spion yang sangat populer dikalangan modifikator sepeda motor, karena memiliki bentuk yang sporty dengan varian warna yang beragam. Kaca yang digunakan juga model cembung dengan refleksi pantulan yang lebih luas.

  • Spion model Retro

Biasanya memiliki bentuk bulat dengan cover yang memiliki aksen tema retro baik dari segi warna dan juga tekstur, beberapa produk Honda juga menggunakan model seperti ini diantaranya New Honda Scoopy 110, Honda Super Cub 125 dan juga Honda Monkey 125.

  • Spion Pig Spotter

Jenis spion variasi ini memiliki keunggulan tak hanya untuk mendukung gaya berkendara menjadi lebih sporti tapi juga memiliki tambahan fungsi karena dibagian punggung spion terdapat lampu sein tambahan untuk memberikan sinyal ketika berbelok atau menyalip kendaraan di depan.

Bukan hanya jenis spion, Brosis juga harus mengetahui posisi atau letak dimana spion tersebut ditempatkan. Setidaknya ada 3 (tiga) posisi spion yang sangat umum digunakan pada sepeda motor, diantaranya.

Spion Handle Bar

Hampir semua jenis sepeda motor seperti skutik, motor jenis naked juga motor bebeka posisi spion adalah di bagian handle bar tepatnya diatas master rem untuk spion kanan dan di atas handle rem kiri (atau kopling untuk model motor sport) untuk spion kiri.

Spion Windshield

Spion jenis ini sangat umum digunakan pada model motor sport karena posisinya berada di bodi depan tepat disamping windshield. Tapi ada juga model skutik yang menggunakan jenis spion yang meyatu dengan perangkat windshield yaitu Honda Forza 250.

Spion Bar End

Spion jenis ini biasanya merupakan spion custom atau variasi, tapi di beberapa kendaraan sepeda motor ada yang sudah menggunakan spion jenis ini sebagai paket bawaan sepeda motor baru. Sesuai dengan sebutannya, sipn bar end adalah jenis spion yang posisinya diletakan pada bandul setang kemudi sepeda motor.

Karena harus diperhatikan karena spion menjadi komponen penting pada sepeda motor, maka harus selalu ada ketika digunakan berkendara. Sangat disarankan untuk mengatur terlebih dahulu posisi yang tepat spion sebelum mulai berkendara. Dan jangan lupa untuk selalu merawatnya seperti mencucinya sampai bersih supaya tidak terdapat kotoran yang menggangu tampilan pada kaca spion.