Tim HRC merayakan podium pertamanya di musim WorldSBK 2024 setelah Iker Lecuona berhasil meraih finis di urutan ketiga pada Balapan 1 di Sirkuit Estoril di Portugal. Sementara itu, Rekan setimnya yakni Xavi Vierge berhasil menuntaskan balapan dan finis di posisi kedelapan.

Aksi hari Sabtu dimulai dengan sesi latihan bebas ketiga dan terakhir yang berlangsung di lintasan basah. Sementara Vierge memilih untuk melakukan beberapa putaran untuk menyempurnakan pengaturan lintasan basah CBR1000RR-R miliknya, Lecuona lebih memilih untuk menghindari risiko yang tidak perlu dan tetap berada di garasi.

Beberapa jam kemudian, lintasan SBK kembali ke lintasan basah untuk sesi kualifikasi Superpole. Selama fase singkat 15 menit ini, saat hujan berhenti dan aspal basah mulai mengering, Xavi segera mencatatkan waktu cepat 1'54.575 yang membawanya ke posisi lima besar. Pembalap Spanyol itu mungkin telah memperbaiki catatan waktunya lebih jauh, tetapi ia tidak dapat melakukannya setelah ia mengalami kecelakaan di Tikungan 6 dengan hanya empat menit tersisa di jam.

Waktu sebelumnya, yang karenanya tetap menjadi catatan terbaiknya, membuatnya lolos kualifikasi di urutan ketiga belas untuk balapan pertama sore itu. Iker bekerja keras untuk membangun kepercayaan diri dalam kondisi yang sulit, perlahan-lahan menurunkan referensinya sebelum menyelesaikan putaran tercepatnya di tahap akhir. Catatan waktu terbaiknya 1'54.678, sangat mirip dengan waktu putaran rekan setimnya, membuatnya berada tepat di belakang Xavi, di posisi keempat belas, dengan duo Tim HCR lolos kualifikasi di baris kelima grid.

Balapan Superbike 21 putaran pertama akhir pekan ini berlangsung pada pukul 2 siang CET dalam kondisi yang sangat berawan tetapi kering. Vierge segera mengejar posisi di luar garis, menempati posisi kesebelas di akhir putaran pertama sementara Lecuona, yang telah turun hingga keenam belas selama putaran pembukaan, berhasil naik kembali ke posisi kedua belas hanya dalam beberapa tikungan. Menunjukkan kecepatan yang kuat, Iker mampu naik ke posisi ketujuh dan Xavi ke P9 pada putaran keenam

Sementara Vierge menjalankan paruh kedua balapan yang konsisten untuk mengamankan P8 hari ini, Lecuona memiliki sedikit tambahan. Dengan kecepatan yang kuat di antara giginya, Iker melewati Lowes dan terlibat dalam pertempuran dengan Rea, menyalipnya untuk posisi kelima pada putaran berikutnya. Kecelakaan di tengah balapan untuk Bautista mempromosikan Lecuona ke posisi keempat, pembalap Spanyol itu segera mulai bekerja untuk mendekati pembalap di tempat ketiga, Locatelli. Iker dengan cepat menutup celah ketika pembalap Italia itu mengalami insiden yang tidak menguntungkan pada putaran kelima belas.

Setelah naik ke posisi ketiga, Iker bertekad untuk mempertahankan posisi ini hingga garis finis dan mempertahankan keunggulan setengah detik atas Lowes untuk mengamankan podium pertamanya di musim 2024.

“Balapan yang gila! Saya melakukan start yang baik dan mampu menyalip beberapa pembalap di tikungan pertama untuk bergerak di belakang Xavi. Saya hampir terjatuh saat berkontak dengan Rinaldi yang menyebabkan saya kehilangan posisi, tetapi saya berhasil bangkit dan mampu menyalip banyak pembalap. Saya merasa sangat kuat dan tahu bahwa saya memiliki performa yang baik hari ini, tetapi saya tetap tidak menyangka bisa naik podium karena kami tidak memiliki banyak waktu di lintasan kering untuk dapat memahami masa pakai ban. Jadi saya mencoba menghemat ban di beberapa tempat tetapi juga menjaga kecepatan. Pada akhirnya, saya berpikir mari kita lihat apakah saya dapat mengejar Locatelli dan Bulega dan kemudian Andrea melakukan kesalahan dan saya naik ke P3." ungkap Iker Lecuona.

"Saya tidak bisa bersantai karena saya tahu Alex (Lowes) berada dekat di belakang saya, tetapi saya bekerja keras untuk mempertahankan kecepatan saya karena saya benar-benar menginginkan podium. Saya sangat senang telah melakukannya; ketika saya masuk ke jalur pit, saya mulai menangis. "Tahun ini sangat berat bagi saya, dengan banyak cedera, dan terkadang, saya bahkan mempertanyakan apakah saya cukup baik untuk berada di sini, sejujurnya. Namun, saya telah bekerja keras, mendengarkan semua orang di sekitar saya yang penting bagi saya, dan dari balapan ke balapan, kami telah meningkatkan dan membangun hasil kami. Saya tahu podium sudah di depan mata dan kami akhirnya berhasil melakukannya hari ini. Saya sangat senang dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di HRC dan di Tim, keluarga saya, pacar saya, teman-teman saya, termasuk manajer saya, dan semua orang yang mendukung saya. Saya sangat senang." imbuhnya.

Balapan penutup musim WorldSBK yang akan berlangsung akhir pekan mendatang di Circuito de Jerez di Spanyol. Dan Tetsuta Nagashima yang merupakan pembalap berbakat asal Jepang akan tampil sebagai wildcard untuk tim HRC.

Sumber : https://wsbk.hondaracingcorporation.com/report/a-first-podium-of-the-season-for-lecuona-in-worldsbk-race-1-at-estoril/