Sepeda motor memiliki beragam lampu dengan fungsinya masing-masing. Dari mulai lampu utama untuk menerangi jalanan terutama saat malam hari, lampu sein untuk memberi isyarat ketika berbelok, dan lampu rem sebagai tanda ketika kendaraan melakukan pengereman. Dan ada satu lagi komponen lampu pada sepeda motor yang tak kalah pentingnya yaitu lampu penerang plat nomor.

Berbeda dengan kendaraan lainnya, lampu penerang plat nomor pada sepeda motor hanya untuk menerangi plat nomor bagian belakang saja, Pada umumnya terletak diatas spakbor belakang sepeda motor atau tepat dibawah lampu rem.

Fungsi utama lampu ini tentunya untuk menerangi plat nomor kendaraan sehingga angka dan karakter pada rangkaian plat nomor mudah teridentifikasi. Fungsi lainnya untuk memberi tanda posisi kendaraan kita terhadap kendaraan dibelakang terutama saat digunakan berkendara di malam hari.

Lampu penerang plat nomor tidak bisa diaktif atau dinonaktifkan secara manual, karena akan menyala secara otomatis ketika sepeda motor mulai dinyalakan.  Lampu ini juga akan menyala bersamaan dengan lampu senja pada bagian lampu rem sepeda motor.

Melepas atau membiarkan lampu penerang plat nomor dalam kondisi tidak menyala tentunya bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan, itu karena kendaraan di belakang tidak bisa mengetahui posisi kendaraan kita, terutama saat digunakan berkendara di malam hari. Untuk itu selalu jaga komponen kelistrikan termasuk lampu penerang plat nomor dan lampu lainnya selalu dalam kondisi prima agar berkendara selalu aman dan nyaman sehingga selalu selamat dalam perjalanan.

Lampu yang digunakan sebagai penerang plat nomor pada umumnya menggunakan bohlam model soket biasa, ada juga yang sudah menggunakan model lampu Light Emitting Diode (LED). Untuk perawatannya juga cukup mudah, yakni dengan menjaga kondisi baterai atau aki tetap optimal, dan hindari penggunaan komponen kelistrikan secara berlebihan atau tidak sesuai standar.