Pada bagian handle bar atau setang sepeda motor terdapat beberapa komponen yang sangat umum, seperti tuas gas dan rem di sebelah kanan dan tuas rem kiri untuk motor matic atau tuas kopling untuk motor sport disebelah kiri. Dan posisi tersebut berlaku sama untuk setiap kendaraan sepeda motor baik motor listrik maupun yang bermesin bensin.

Ternyata posisi tuas gas dan rem yang berada di sebelah kanan handle bar tersebut ada alasannya. Pertama faktor kebiasaan karena tangan kanan menjadi yang paling dominan digunakan maka dari awal mula diciptakannya sepeda motor, tuas gas dan rem selalu ditempatkan di sebelah kanan.

Penempatan tuas gas dan rem disebelah kanan juga akan membuat kontrol gas akan lebih stabil, baik dalam mengatur kecepatan atau ketika melaju dalam berbagai kondisi jalan. Selain itu, juga karena tangan kanan yang lebih dominan maka bisa melakukan dua tindakan sekaligus yakni selain mengatur kontrol gas tapi juga bisa bersamaan dengan mengatur tuas rem.

Posisi tuas gas dan rem disebelah kanan juga tidak tidak mempengaruhi kebiasaan pengendara yang dominan menggunakan tangan kiri atau kidal, karena mereka bisa melakukan proses adaptasi dengan mudah ketika belajar mengemudikan atau mengendarai sepeda motor sejak dini.

Untuk berkendara yang lebih aman, harus diperhatikan kondisi tuas gas dan rem agar selalu dalam kondisi prima. Untuk itu selalu lakukan pengecekan sebelum berkendara dan juga lakukan perawatan rutin agar tidak ada kendala saat digunakan.