Terdapat noise atau suara berisik dan getar pada bodi plastik sepeda motor memang menjengkelkan, bahkan bisa berpotensi mengganggu konsentrasi ketika berkendara. Lantas apa penyebab dan cara mengatasinya?

Penyebab suara berisik dan getar pada bodi plastik sepeda motor bisa disebabkan beberapa hal. diantaranya.

Pertama ada indikasi terdapat masalah pada bagian mesin, atau untuk sepeda motor jenis skutik kendala biasanya terdapat bagian CVT yang kotor atau terdapat kerusakan yang menyebabkan bagian tersebut bergetar dan berdampak menjadi getaran pada bodi plastik.

Tapi penyebab pada umumnya adalah karena kesalahan ketika membongkar dan memasangkan kembali bodi plastik sepeda motor, bisa jadi ada beberapa bagian seperti klip atau kancing pengait yang patah atau retak, baut atau skrup yang kurang kencang atau bisa juga karena pemasangan yang tidak tepat.

Bodi plastik sepeda motor yang getar juga bisa karena penggunaan sparepart abal-abal atau palsu, sehingga menyebabkan pemasangannya tidak presisi pada posisinya. Dan penyebab lainnya adalah karena usia pakai kendaraan yang sudah melewati batas.

Sedangkan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengganti part bodi yang rusak atau patah dengan part bodi yang baru. Konsumen tidak perlu khawatir karena part bodi dijual sesuai kebutuhan, misal part bodi yang rusak adalah bagian kanan, atau hanya dibagian part bodi depan atau batok setang maka cukup mengganti komponen tersebut saja.

Adapun solusi sederhana atau hanya bersifat sementara, cukup memperbaiki bodi part yang patah menggunakan lem atau double tape di bagian rekatan sambungan.

Dan yang terpenting untuk mencegah gejala suara berisik atau getar pada bodi plastik sepeda motor, selalu lakukan perawatan dan service termasuk penggantian sparepart termasuk bodi plastik sepeda motor Honda Genuine Parts (HGP) di bengkel AHASS agar ditangani oleh mekanik handal, terlatih dan tersertifikasi serta menggunakan tools dan peralatan yang sesuai dengan standar dari PT. Astra Honda Motor (AHM).