Stang sepeda motor tentunya menjadi bagian penting untuk mendukung keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Selain berfungsi sebagai kendali untuk melakukan manuver pada sepeda motor, stang kemudi juga terdapat beberapa komponen penting lainnya seperti hanfat gas, tuas rem dan kopling juga tempat saklar untuk mengoperasikan fitur-fitur pendukung kinerja sepeda motor.

Stang kemudi sepeda motor juga terkadang memiliki beberapa kendala, salah satu yang sering ditemui oleh pengendara adalah stang yang terasa bengkok, miring atau tidak lurus dengan arah ban depan. Jika dibiarkan, sepeda motor akan dirasa tidak nyaman, dan dalam kondisi yang parah berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Kondisi tersebut tentunya memiliki beberapa penyebab. diantaranya.

1. Pernah terjatuh

Penyebab yang sangat umum ketika stang terasa miring adalah dikarenakan sepeda motor pernah mengalami kecelakaan, seperti terjatuh atau terkena benturan. Tapi jika pengendara tidak pernah mengalami hal tersebut, bisa jadi sepeda motor pernah terjatuh akibat kecerobohan. Seperti saat parkir di tempat umum, kendaraan kita tertimpa motor lain, atau parkir di tempat yang tidak rata atau tidak aman yang menyebabkan sepeda motor terjatuh karena faktor ketidak sengajaan.

2. Kerusakaan pada komstir

Stang kemudi sepeda motor miring juga bisa disebabkan karena kerusakan komponen lain, seperti pada komstir yang sudah rusak, bisa dikarenakan bearing komstir yang sudah aus dan berkarat atau bahkan yang paling parah bearing komstir yang remuk yang menyebabkan stang kemudi susah untuk digerakan.

Kondisi tersebut bisa karena sepeda motor yang sering melintasi jalanan rusak dengan kecepatan tinggi, dan kondisi komstir rusak yang tidak segera mendapat penanganan dan perbaikan.

Selain komstir, penyebab lainnya juga bisa karena segitiga dudukan stang yang rusak atau baut dan mur pengunci dudukan stang terlepas atau kurang kencang saat melakukan pemasangan.

3. Kerusakan pada cover stang kemudi

Khusus untuk sepeda motor yang menggunakan cover plastik pada stang kemudi, seperti model skutik atau motor bebek, terkadang pemasangan yang kurang tepat seperti skrup yang tidak terpasang dengan kuat atau terdapat plastik yang patah atau retak, akan membuat stang kemudi tampak miring atau tidak lurus.

4. Kerusakan pada bagian kaki-kaki

Jika secara visual, stang kemudi tampak miring. Pengendara juga harus memeriksa komponen lain pada sepeda motor . Karena terkadang kondisi tersebut disebabkan kerusakanan pada kaki-kaki, seperti pada bagian lingkar velg yang sudah peyang dan tidak rata.

Bagian lainnya yang tak luput untuk diperiksa adalah bagian suspensi depan, bearing pada velg dan juga spakbor depan yang jika terdapat kerusakan pada bagian tersebut bisa berpengaruh pada kendali stang kemudi sepeda motor.

Karena menjadi bagian penting pada sepeda motor, stang kemudi sepeda motor harus selalu dalam kondisi baik dan prima saat digunakan berkendara. Jika terdapat kerusakan, maka langkah yang harus dilakukan adalah segara melakukan perbaikan dan pergantian komponen jika ada yang rusak dan bermasalah.

Segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara menyeluruh pada sepeda motor agar bisa ditangani oleh mekanik handal berpengalaman dan juga agar ketika melakukan penggantian dan pemasangan akan selalu terjamin presisi dan keasliannya sehingga sepeda motor bisa kembali digunakan dengan aman dan nyaman.