Kejuaraan JuniorGP berlanjut memasuki putaran ketiga musim ini, yang diselenggarakan pada akhir pekan ini di Sirkuit Barcelona-Catalunya. Setelah melewatkan dua babak, Arbi Aditama akan kembali berpartisipasi untuk pertama kalinya.

Pebalap Astra Honda ini telah bekerja keras selama jeda pramusim di Indonesia dan berhasil mengatasi masalah cederanya hingga bisa pulih dengan baik di Montmelo.

Bagaimana perasaanmu?
"Saya merasa sangat baik setelah cedera bulan lalu. Saya belum dalam kondisi 100%, namun operasinya berjalan sangat baik dan saya senang bisa kembali ke lintasan lagi."

Akhir pekan ini Arbi akan balapan di Barcelona, lintasan yang disebut sebagai favorit dan tempat Arbi menang tahun lalu. Bagaimana peluang di tahun ini?
"Montmelo akan menjadi balapan pertama saya pada tahun 2024. Dengan kondisi saya saat ini, saya tidak berharap untuk finis terlalu tinggi. Saya akan mencoba mempelajari dan memahami ban, karena saya belum banyak mengendarainya. Saya hanya ingin melihat cara kerjanya dan bagaimana perasaan saya secara fisik. Setelah itu, kami akan melatih kecepatan dan kemungkinan kami untuk balapan. Saya akan mencoba yang terbaik, tetapi semua pembelajaran akan baik bagi saya."

Kecuali kedua balapan yang telah lewat dan tidak diikuti, apa ekspektasimu untuk 2024?
"Harapan saya sulit untuk diwujudkan karena saya belum berkompetisi tahun ini, namun saya yakin bisa kompetitif. Ada banyak pembalap yang cepat dan kuat serta beberapa pebalap baru, dan semuanya ingin tetap berada di depan. Mungkin tahun ini akan jauh lebih sulit bagi saya dibandingkan tahun lalu, tetapi saya tetap akan berjuang sekuat tenaga dan belajar sebanyak mungkin."

Ini tahun ketiga di JuniorGP. Apa kelebihan yang bisa dimanfaatkan?
"Hal terkuat saya adalah pengetahuan dalam memahami cara kerja motor, bagaimana rasanya, dan juga lintasannya. Saya punya pengalaman di Eropa dan JuniorGP, dan itu sangat penting. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya, ban yang digunakan berubah dan ini berarti banyak pembelajaran baru bagi semua orang."

Kembali ke musim dingin lalu: apa yang kamu kerjakan di pramusim 2024?
"Banyak yang saya lakukan selama di Indonesia. Saya berlatih dengan sepeda dan juga tanpa sepeda, jadi ini adalah musim dingin yang bagus sebelum cedera. Saya tidak bisa pergi ke camp musim dingin bersama tim saya, tetapi saya akhirnya menjalani tes, jadi saya pikir fisik saya akan lebih baik tahun ini daripada tahun 2023."

"Saya akan selalu berterima kasih kepada mereka atas semua kesempatan ini, pengalaman dan nasihat mereka"

Kamu juga melakukan balap bulan Desember tahun lalu di ARRC kelas SS600. Bagaimana pengalamannya?
"Ini sangat berbeda. Saya rasa tahun ini di JuniorGP, dengan ban Pirelli, kami harus menggunakannya di paruh pertama balapan agar bisa mengendalikannya di tengah musim. Hal ini sangat mirip dengan kategori SS600, karena harus menggunakan ban baru untuk mencatatkan putaran yang sangat baik dan kemudian mengatur situasi dengan sangat baik ketika ban turun. Jadi, menurut saya ini adalah pengalaman yang sangat bagus bagi saya."

Kamu telah tinggal di Spanyol selama lebih dari dua tahun, jauh dari negaramu. Apakah dukungan fans Indonesia sangat berpengaruh?
"Ya, tentu saja. Saya merasakan dukungan dari negara saya, terutama dari keluarga atau teman-teman saya dan ini adalah sesuatu yang membuat saya bahagia dan kuat. Aku selalu ingin kembali ke rumah, meski hanya beberapa hari. Karena saya sudah lebih lama berada di JuniorGP, semakin banyak orang yang mendukung saya dan itu adalah sesuatu yang patut disyukuri."

Dalam aspek teknis dan pribadi apa yang menurutmu lebih baik di tahun 2024?
"Dari segi kebugaran tentu saja karena saya banyak latihan di musim dingin ini untuk mempersiapkan musim 2024. Secara mental, saya pikir saya bisa lebih fokus pada tujuan saya, jadi mental saya juga lebih kuat."

Apa artinya kamu mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari Astra Honda Racing Team dari tahun ke tahun?
"Saya sangat percaya diri pada Astra Honda Racing Team. Saya akan selalu berterima kasih kepada mereka atas semua kesempatan ini, pengalaman dan nasihat mereka."

Dua balapan di Barcelona akan dimulai masing-masing pada pukul 11.00 dan 14.00 waktu setempat, pada hari Minggu. Usai putaran Catalan, Arbi akan menghadapi empat event JuniorGP lagi: Portimao, Jerez, MotorLand dan Valencia.