Herjun memenangi balapan AP250, sementara Ramadhipa finis kelima. Veda dan Rheza masing-masing finis kelima dan ketujuh di kelas SS600, sementara Adenanta finis di posisi 11 meskipun terjatuh saat lap kedua.

Balapan pertama putaran kelima Asia Road Racing Championship(ARRC) digelar di Sepang International Circuit, Malaysia, Sabtu (14/9/2024). Balapan berlangsung di tengah cuaca panas terik. Astra Honda Racing Team (AHRT) menurunkan lima pebalap. Di kelas Asia Production (AP)250cc, Herjun Atna Firdaus berhasil keluar sebagai pemenang, sementara Muhammad Kiandra Ramadhipa finis di urutan kelima. Di kelas SuperSports 600cc, Veda Ega Pratama finis di posisi kelima, Rheza Danica Ahrens ketujuh, sementara M Adenanta Putra finis di posisi 11 meskipun sempat terjatuh di lap kedua, namun ia bisa melanjutkan balapan.

"Alhamdulillah saya berhasil meraih posisi 1 di Race 1 hari ini. Sepanjang balap saya coba mengatur ritme agar tetap bisa bersama rombongan depan, hingga akhir di lap terakhir saya mampu memaksimalkan potensi CBR250RR untuk mengunci kemenangan di Race 1 ini. Besok saya akan kembali berusaha untuk meraih kemenangan lagi untuk Indonesia.”ungkap Herjun.

Herjun dan Ramadhipa tampil konsisten selama balapan AP250. Ramadhipa bahkan memimpin hingga pertengahan balapan. Lap terakhir jadi ujian sesungguhnya. Herjun bersaing ketat dengan pebalap Jepang hingga akhir dan berhak naik podium tertinggi setelah berhasil menyentuh garis finis lebih dulu. Ini merupakan kemenangan kedua Herjun musim ini setelah putaran pertama di Thailand. Ramadhipa finis di posisi kelima.

Persaingan ketat juga terjadi di kelas SS600. Veda dan Rheza bertahan hingga akhir dan masing-masing finis di posisi kelima dan ketujuh. sementara M Adenanta Putra finis di posisi 11 meskipun sempat terjatuh di lap kedua, namun ia bisa melanjutkan balapan.

Finis di posisi kelima masih menempatkan Ramadhipa sebagai pemuncak klasemen AP250 dengan koleksi 122 poin, hanya tiga angka lebih banyak dari Herjun yang berada di posisi kedua. Di klasemen sementara SS600, Adenanta saat ini berada di peringkat ke-2 dengan 121 poin, sementara Rheza dan Veda berada di peringkat ke-6 (77 poin) dan ke-7 (73 poin).

Para pebalap akan kembali beraksi di Sepang International Circuit pada Minggu (15/9/2024) untuk menjalani balapan kedua putaran kelima ARRC 2024. Balapan AP250 akan dimulai pada pukul 13:30 WIB, sementara SS600 pukul 14:20 WIB.