Di bulan puasa Ramadhan ada satu tradisi unik yang dilakukan masyarakat yang berlangsung sejak lama, yaitu aktifitas Ngabuburit.

Ngabuburit adalah mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan aktifias positif. Jika dahulu, Ngabuburit disi dengan jalan-jalan sore ke tempat-tempat seru dan banyak dikunjungi orang ke tempat wisata, taman atau fasilitas publik lainnya.

Tapi sekarang, ada tradisi baru yaitu Ngabuburit dengan aktifitas riding atau berkendara menggunakan sepeda motor. Baik itu sekedar berkeliling kota atau city ride bersama keluarga atau orang tersayang atau juga berkendara bersama rekan dan sahabat ke tempat seru lainnya.

Dan berikut ini ada beberapa tips bermaanfaat untuk  Brosis yang mau ikut Ngabuburit supaya tetap aman, nyaman dan tetap berkah.

1. Selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara.

Walaupun cuma Ngabuburit dengan berkendara jarak dekat, jangan lupa untuk selalu menggunakan perangkat keselamatan berkendara, seperti Helm dan Jaket. Bukan cuma untuk pengemudi tapi juga untuk penumpang yang dibonceng.

2. Cek kondisi motor

Sebelum berangkat, cek dulu kondisi motor supaya tetap prima, seperti tekanan ban, pengereman, lampu-lampu dan jangan lupa untuk mengisi bahan bakar, jangan sampai saat riding Ngabuburit tiba-tiba mogok karena kehabisan bensin.

3. Rencanakan rute dari awal dan cek trafic

Ngabuburit dengan berkendara di kota besar, maka dihadapkan dengan kondisi kemacetan. Sebelum berangkat rencanakan rute dan tujuan berkendara dari awal, kemudian cek trafic untuk mengetahui kemacetan lalu lintas melalui aplikasi Google maps untuk memilih rute yang lebih aman dan lebih cepat menuju tempat tujuan.

4. Ketahui jadwal berbuka

Karena biasanya tujuan Ngabuburit adalah untuk menunggu waktu berbuka puasa, maka ketahui jadwal sebelum berkendara. Sehingga kita bisa mengatur jadwal yang digunakan saat riding Ngabuburit sehingga bisa tepat waktu.

5. Bawa bekal untuk berbuka puasa

Untuk antisipasi jika saat riding Ngabuburit Brosis terjebak di kemacetan atau tiba ke tempat tujuan sebelum waktunya. Maka bawa bekal untuk berbuka puasa darurat. Minimal membawa air minum dan takjil seperti yang dianjurkan Nabi, bisa itu tiga butir kurma atau minuman/makanan manis lainnya.

Itulah beberapa tips Ngabuburit dengan berkendara menggunakan sepeda motor kesayangan. Semoga ibadah puasa kita berkah dan tetap jaga keselamatan berkendara.