Modifikasi bagian sepeda motor bukan hanya untuk selera dan fashion saja tapi saat ini menjadi sebuah kebutuhan. Tapi melakukan modifikasi pada kendaraan seperti sepeda motor juga ada aturannya, jadi harus diperhatikan bagian mana saja yang boleh dan tidak boleh dirubah bentuknya.

Salah satu bentuk modifikasi yang aman dilakukan adalah merubah bentuk dan desain kursi jok sepeda motor. Beberapa alasan para pengendara melakukan modifikasi bagian ini diantaranya karena kebutuhan, supaya jok menjadi lebih empuk dan nyaman, ada juga yang merubahnya karena mengikuti dan menyesuaikan gaya modifikasi yang lagi trendi.

Sebelum Brosis melakukan modifikasi bagian jok sepeda motor berikut ini ada tips supaya langkah yang dilakukan tetap membuat berkendara aman dan nyaman, diantaranya.

Mengganti Kulit Joknya Saja

Cara yang paling mudah dan tentu saja lebih murah adalah dengan cara mengganti kulit joknya saja. Apalagi jika kulit jok Brosis sudah ada yang robek atau memang warnanya sudah pudar karena usia pakai menjadi pilihan tepat untuk melakukan modifikasi.

Saat ini banyak penyedia produk kulit jok modifikasi dan variasi dengan beragam bentuk dan model yang berbeda. Namun yang diperhatikan adalah bahannya. Ada yang terbuat dari kulit asli atau juga kulit imitasi yang menentukan kualitas dan harga, ada juga yang terbuat dari kain yang menyajikan pilihan dengan motif yang menyesuaikan keinginan konsumen.

Selain bahan, bentuk dan variasi kulit jok juga saat ini bermacam-macam. Untuk brosis yang menyukai style modifikasi custom, cafe racer atau retro style lainnya, bisa pilih model kulit jok bertekstur dan bergelombang. Atau jika Brosis yang suka gaya balap, bisa memiliki motif kulit jok dual tone warna.

Modifikasi ketebalan busa jok

Sebenarnya pabrikan sudah merancang kursi jok sepeda motor dengan bentuk dan ketebalan yang sesuai dengan posisi berkendara yang nyaman dan aman. Tapi tak sedikit yang memilih untuk memodifikasinya dengan cara memotong ketebalan jok dengan alasan supaya tinggi jok menjadi lebih rendah atau karena ingin tampilannya terlihat lebih sporty.

Ada juga yang memilih untuk membuat joknya menjadi lebih tinggi dengan alasan menyesuaikan postur tubuh pengendara atau karena kebutuhan untuk membuat kursi jok menjadi lebih empuk. Dan ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut, yakni dengan cara.

  • Menganti dengan busa molding, Tak hanya membuat busa jok lebih tebal atau lebih tinggi. Busa Molding juga bisa merubah bentuk jok menyesuaikan kenginginan penggunannya. Biasanya jenis busa ini bisa dipesan atau sudah dijual dalam bentuk variasi modifikasi untuk yang tinggal pasang.
  • Menambah busa Latex, Alternatif untuk membuat busa jok menjadi lebih tebal tapi memiliki keunggulan tidak keras, lebih empuk dan nyaman digunakan untuk perjalanan jauh.

Gunakan Genuine Accessories Seat Cover dari Honda

Dan buat Brosis yang enggak mau ribet dengan melakukan langkah diatas, sebenarnya Honda sudah menyediakan paket Honda Genuine Accessories (HGA) berupa Seat Cover yang sudah tersedia untuk semua varian sepeda motor Honda. Memiliki bahan kulit sintetis dengan tambahan spons & lumbar yang nyaman. Ada double Velcro strap di bawah jok​ sehingga sangat mudah dilepas pasang. Dan ketika menggunakannya akan memberikan kesan eksklusif sporty dan juga meningkatkan kenyamanan pengendara.

Semua produk Honda Genuine Accessories (HGA) bisa Brosis dapatkan di seluruh jaringan dealer AHASS yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.