Pernahkah Brosis mengalami masalah ketika mendirikan sepeda motor dengan standar tengah ternyata terasa berat atau seret dan timbul bunyi berderit. Terkadang masalah juga muncul ketika menurunkan sepeda motor setelah didirikan ternyata standar tengah tidak kembali ke posisi semula.

Kondisi tersebut ternyata cukup berbahaya, jika standar tengah turun dan tak kembali ke posisi semula maka ketika kita lanjut berkendara bisa terbentur dengan batu, polisis tidur atau tergerus aspal yang tentunya akan menimbulkan kerusakan.

Masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa sebab. Tapi yang paling umum terjadi adalah karena kotoran atau lumpur yang mengeras di bagian as tengah standar samping. Dan jika posisinya tidak kembali ke semula, ada kemungkinan bagian per atau pegasnya sudah aus atau tidak berfungsi.

Maka dari itu berikut ini adalah tips merawat dan solusi pada masalah standar tengah sepeda motor matic, diantaranya.

1.Jaga Kebersihan Standar Tengah

Sebenarnya bukan hanya standar tengah saja, tapi semua bagian sepeda motor harus kita jaga kebersihannya. Seperti mencucinya dengan sabun hingga bersih ke seluruh bagian, termasuk area bawah atau kolong sepeda motor dimana terdapat standar tengah atau pun standar samping.

Tapi untuk area bawah ini memang harus mendapat perhatian khusus, karena biasanya di bagian ini terdapat lumpur atau kotoran yang menumpuk yang terkadang menjadi mengeras, rawan menimbulkan karat dan menghambat pergerakan fungsi standar tengah.

2. Sering diberi pelumas

Sehabis dicuci dengan dibersihkan, kemudian lap sampai kering. Langkah selanjutnya selalu beri cairan penetran atau pelumas khusus untuk melancarkan bagian as supaya bergerak bebas dan terhindar dari karat yang berpotensi merusak.

3. Sering Digunakan

Biasanya standar tengah adalah komponen yang sangat jarang digunakan atau baru difungsikan pada kondisi tertentu saja. Sehingga bagian ini rawan macet.

Untuk itu, komponen ini harus sering digunakan. Seperti saat memanaskan sepeda motor di pagi hari atau ketika di simpan atau parkir ketika ditinggalkan.

Selain itu, harus selalu diperhatikan area ketika mendirikan sepeda motor menggunakan standar tengah kondisi tanah, aspal atau area dasarnya harus rata dan tidak miring. Karena jika tidak, akan menimbulkan motor tidak stabil saat didirkan dan terjatuh.