Saat ini ada 2 model Vario series yang beredar di Indonesia, diantaranya New Honda Vario 160 matic besar bergaya premium yang hadir dengan fitur canggih dan satu lagi New Honda Vario 125 yang menawarkan desain sporty tapi masih mempertahankan kepraktisan dan irit konsumsi bahan bakar.

Yang menarik keduanya memiliki fitur modern yaitu lampu sein belakang yang terpisah dengan lampu rem dan body belakang pada umumnya. Posisi lampu sein tepat berada di spakbor belakang dan model seperti ini biasanya terdapat pada varian motor sport dan juga BigBike sehingga kesan sporty kini bisa konsumen dapatkan pada varian motor skutik Vario series.

Namun karena posisi lampu sein terpisah tentunya sangat rentan terkena benturan atau potensi kerusakan lainnya, untuk itu berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat lampu sein Honda Vario series. Diantaranya.

Menjaga kebersihan

Sama seperti bagian motor lainnya, perangkat komponen lampu sein juga harus dijaga kebersihannya. Untuk bagian lampu sein jangan lupa dibersihkan dari lumpur dan kotoran supaya tidak menghalangi sinar pancaran lampu sein.

Kebersihan juga harus diterapkan pada bagian saklar dimana tombol lampu sein berada. Selalu rutin dibersihkan supaya tidak terdapat kotoran yang berpotensi menyebabkan karat atau kerusakan lainnya pada bagian tersebut.

Periksa tegangan baterai

Karena lampu sein merupakan bagian dari kelistrikan sepeda motor, baterai atau aki juga harus ikut dalam perawatan. Dimana jika baterai dalam kondisi rusak seperti tegangan lemah maka akan menyebabkan lampu sein tidak menyala atau tidak berfungsi maksimal.

Selalu periksa tegangan baterai, jika sudah lemat baterai bisa diisi ulang namun jika kondisinya sudah rusak maka disarankan untuk segera diganti.

Hati-hati saat berkendara

Jaga karak aman dengan kendaraan disekitar, terutama saat terjadi kemacetan. Bagian belakang sepeda motor dalam hal ini New Honda Vario lawan mengalami benturan yang menyebabkan lampu sein atau bagian lainnya mengalami kerusakan. Selalu berhati-hati dalam berkendara.

Untuk itu selalu hati-hati dan waspada dengan kondisi sekitar termasuk jaga jarak dengan pengendara lain didepan maupun dibelakang ketika berkendara supaya kondisi motor selalu aman dan nyaman.

Parkir di tempat yang aman

Selalu pilih lokasi parkir yang aman, tak hanya itu pengendara juga harus bisa mengatur posisi parkir yang benar, apalagi di tempat parkir yang padat, terkadang kecerobohan pengendara lain selalu menyebabkan kerugian pada kendaraan kita.

Sangat disarankan untuk parkir menggunakan standar tengah, supaya sepeda motor dalam kondisi stabil, tidak mudah jatuh, tidak mudah digeser dan memberikan ruang gerak yang sedikit lebih luas bagi pengendara lain. Dan tentunya membuat bagian sepeda motor kita lebih aman dari benturan atau kerugian lainnya.

Ketika lampu sein New Honda Vario series terutama untuk komponen lampu sein belakang mengalami kendala seperti patah atau tidak menyala, yang pertama dilakukan jangan panik. Apabila kerusakan ringan dan lampu sein masih bisa menyala hanya gejala patah dibagian batangnya saja, bisa memasangkannya kembali ke posisi semula dengan menggunakan lakban sebagai perekat untuk sementara.

Tapi jika kondisi lampu sein rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Segera lakukan penggantian lampu sein yang baru dengan cara mengunjungi bengkel AHASS terdekat. Karena pentingnya komponen ini sebagai pemberi isyarat saat berkomunikasi dengan kendaraan sekitar, lampu sein harus dalam kondisi menyala dan bisa berfungsi dengan normal. Karena jika tidak, bisa menyebabkan potensi kecelakaan dan kerugian yang lebih besar.

Jangan lupa juga untuk selalu gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu untuk berkendara yang aman dan nyaman dan mengurangi resiko kerugian saat terjadi kecelakaan.