Kenyamanan sepeda motor ditunjang oleh beberapa faktor, diantaranya faktor suspensi, handling, ergonomi riding, performa mesin yang tetap prima, rem yang pakem dan satu lagi yang tak kalah penting adalah jok sepeda motor.

Jok atau kursi adalah tempat duduk pengendara yang biasanya hanya bisa digunakan oleh dua orang yaitu pengemudi yang berada dibagian depan yang mengendalikan sepeda motor dan satu lagi dibelakang sebagai penumpang.

Jok yang nyaman idealnya memiliki kulit jok yang tidak lincin, busanya empuk, cukup tebal dan tidak ambles dan solid dalam artian tidak lepas pada posisinya saat berkendara.

Sehingga untuk membuatnya nyaman saat digunakan, maka Brosis harus bisa menjaga dan merawatnya. Ada 3 bagian yang harus diperhatikan, diantarnya.

  1. Merawat kulit jok sepeda motor

Kulit jok sepeda motor biasanya menggunakan beberapa jenis material, seperti kulit asli maupun sintetis, kain dan bahan lainnya seperti spons. Perawatan semua jenis kulit jok sama saja, diantaranya selalu merawatnya tetap bersih dengan cara mencucinya dengan sabun, menjaganya dari kotoran dan juga menjaganya dari benda-benda tajam seperti barang bawaan yang berpotensi merusak kulit jok, atau bahkan dari hewan peliharaan seperti Kucing.

Sebelumnya Minho juga sudah memberikan tips untuk menjaganya dari cakaran kucing, Baca :

Kulit jok juga harus terjaga dari terpaan cuaca, baik itu hujan yang berpotensi rembesan air. dan juga terkena sinar matahari langsung. Maka disarankan untuk selalu parkir di tempat teduh, baik itu di area basement atau area parkir indoor.

2. Merawat busa jok sepeda motor

Busa yang tetap tebal adalah faktor yang mempengaruhi kenyamanan sepeda motor, Brosis bisa menjaganya agar tetap kering terutama saat sudah mencucinya atau setelah terkena hujan. Hindari juga kebiasaan membawa barang dengan beban berlebih karena akan mempengaruhi ketebalan busa dalam jangka waktu lama.

3. Merawat komponen kunci jok

Jika sering terkena hujan, potensi kerusakan yang timbul biasanya bukan cuma dibagian kulit jok atau busanya saja. Tapi di beberapa komponen pendukung lainnya, salah satunya adalah pengait penutup jok yang letaknya berada di ujung belakang jok sepeda motor.

Kerusakan yang biasanya terjadi diantaranya jok yang tidak menutup sempurna sehingga jika dipakai berkendara dan jok tiba-tiba terbuka maka akan berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyebabnya karena pegas pengait jok yang rusak atau juga karena kabel kunci jok yang mengalami seret. Maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel AHASS supaya jok dapat mengunci dengan baik dan tertutup sempurna supaya berkendara bisa lebih tenang dan nyaman.