Seiring dengan pesatnya perkembangan fitur dan teknologi yang diaplikasikan pada sepeda motor di Indonesia, kini beberapa sepeda motor matik Honda sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Smart Key seperti Honda Scoopy tipe Fashion dan Sporty, Honda Vario 150, Honda PCX 150, Honda ADV 150, Honda SH150i, hingga Honda Forza 250 serta lain sebagainya.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan sistem Honda Smart Key membantu konsumen untuk mengoperasikan kunci kontak tanpa memasukkan anak kunci ke dalam lubang kunci.

Fitur Honda Smart Key dapat melakukan pengoperasian berikut ini jika berada dalam jarak jangkauan pengoperasian, seperti menghidupkan mesin, membuka kunci kontak, membuka kunci jok, membuka kunci stang kemudi, mengaktifkan dan mematikan Anti Theft Alarm, serta mengaktifkan Answer Back System.

Namun pemilik kendaraan wajib memperhatikan hal-hal penting apabila sepeda motornya sudah dilengkapi dengan Honda Smart Key, diantaranya :

a.  ID Tag Harus disimpan ditempat yang aman dan sebaiknya jangan dibawa bepergian. “Disarankan nomor ID Tag dicatat di tempat rahasia misal dicatat di Phone Book, sehingga apabila dibutuhkan kode ID Tag dapat dengan mudah digunakan,” ungkap Ade.

b. Selalu bawa Emergency Key namun sebaiknya dipisahkan dengan Honda Smart Key. Emergency Key ini akan sangat membantu pemilik kendaraan apabila dalam kondisi yang darurat, misal jika Honda Smart Key terjatuh dan tidak dapat ditemukan maka pemilik kendaraan masih dapat menghidupkan sepeda motor menggunakan Emergency Key + Kode ID Tag.

c. Jangan meletakkan Emergency Key dan Honda Smart Key ke dalam bagasi sepeda motor. “Jika Honda Smart Key dan Emergency Key diletakkan di dalam bagasi pada kondisi Honda Smart Key “OFF” maka pemilik tidak akan bisa menghidupkan sepeda motor,” ujar Ade.

Selain beberapa hal yang harus diperhatikan, ada beberapa cara juga untuk merawat Honda Smart Key pada sepeda motor, diantaranya :

1. Jangan jatuhkan Honda Smart Key atau menaruh benda berat diatasnya karena hal ini akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada Honda Smart Key tersebut.

2. Lindungi Honda Smart Key dari sinar matahari langsung dalam waktu lama.

3. Jangan mencongkel atau melubangi cover Honda Smart Key.

4. Jauhkan Honda Smart Key dari benda-benda yang mengandung magnet seperti gantungan kunci bermagnet, handphone, speaker dan lain sebagainya.

5. Selalu jauhkanlah Honda Smart Key dari peralatan-peralatan elektronik yang menghasilkan gelombang radio seperti TV, Radio, dan PC.

6. Usahakan Honda Smart Key tetap kering, hindari adanya potensi kehujanan atau terkena cairan lainnya.

7. Jangan meninggalkan Honda Smart Key didalam bagasi untuk menghindari Sepeda Motor dihidupkan oleh orang lain.

8. Jangan menekan tombol-tombol Honda Smart Key meskipun kondisi remot sedang dalam kondisi “OFF”. Hal ini jika dilakukan dapat mempengaruhi setingan pengoperasian Honda Smart Key.

Saat berkendara cukup membawa satu Honda Smart Key, dan simpan Honda Smart Key Cadangan untuk menghindari apabila terjadi hal darurat.

Agar kondisi sepeda motor anda selalu prima, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan pada teknisi handal dan berpengalaman di bengkel resmi Honda atau AHASS.