Selain macet, banjir serta jalan rusak, Kendala yang biasa dihadapi saat di perjalanan menggunakan sepeda motor adalah mengalami masalah seperti ban bocor, mogok karena kerusakan mesin atau yang paling sering terjadi adalah kehabisan bensin.

Sebenarnya kehabisan bensin bisa dihindari dengan selalu menjaga tangki bahan bakar dalam kondisi penuh baik saat perjalanan maupun saat di simpan selama tidak digunakan. Tangki bahan bakar selalu dalam keadaan penuh juga bisa menghindari timbulnya karat dan menjaga kualitas bahan bakar selalu dalam kondisi baik.

Tapi tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan sepeda motor mengalami kehabisan bensin saat di perjalanan, biasanya hal tersebut terjadi saat perjalanan jauh dimana sangat sulit menemukan fasilitas tempat pengisian bahan bakar.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips untuk menghindari kehabisan bensin saat di perjalanan.

1. Menjaga tanki dalam keadaan penuh

Untuk menjaga kondisi tanki sepeda motor dalam keadaan penuh, terutama saat melakukan touring atau perjalanan jarak jauh adalah selalu mampir ke Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) ketika sempat atau jika fuel indicator atau meteran bensin sudah mulai berkurang.

Hindari mengisi bensin dengan menunggu meteran bensin dalam posisi habis atau hampir habis, karena kita belum tahu apakah akan ada lokasi SPBU terdekat pada titik selanjutnya dalam perjalanan.

Berhenti di SPBU juga bisa menjadi tempat beristirahat yang tepat dan aman juga sangat direkomendasikan saat melakukan perjalanan. Sehingga selain mengantisipasi kehabisan bensin, pengendara juga bisa sekaligus mengistirahatkan badan juga sepeda motor agar kondisinya selalu dalam prima.

2. Gunakan perangkat GPS

Teknologi yang semakin canggih tentunya memudahkan penggunanya dalam berkatifitas, salah satunya fitur navigasi peta online Global Positioning System (GPS) yang kini tersedia dengan mudah pada perangkat telepon seluler.

Fitur tersebut memungkinkan kita mencari sekaligus mengakses lokasi SPBU terdekat yang bisa kita akses melalui aplikasi secara online. Fitur tersebut juga bisa mencari lokasi SPBU di tempat tujuan berikutnya secara mudah dan akurat.

3. Hindari tempat sepi

Sebelum melakukan perjalanan, tentukan jalur yang akan dilewati dengan mencari jalur tercepat. Untuk menghindari kendala seperti kemacetan, bisa menggunakan jalur alternatif, namun biasanya jalur tersebut cenderung lebih sepi dan jauh dari permukiman. Kondisi tersebut biasanya berpotensi dengan tidak adanya titik lokasi SPBU pada jalur yang dilewati.

Walaupun begitu, biasanya terdapat beberapa pom bensin mini atau penjual bensin eceran yang biasanya dijual di pinggir jalan. Hanya sekedar untuk menambah isi tangki dalam kondisi darurat saja.

4. Hindari berkendara di malam hari

Berkendara di malam hari tentunya memiliki keuntungan suhu udara yang sejuk sehingga tidak mudah capek dan lelah, juga kondisi jalan yang relatif kosong. Tapi berkendara di malam hari akan lebih sulit jika mengalami kendala kehabisan bensin, terutama saat di tengah perjalanan.

Selain itu, beberapa SPBU terutama di daerah yang sepi juga terkadang memiliki kebijakan untuk menutup fasilitas tersebut jika lewat tengah malam.

5. Gunakan sepeda motor dengan kapasitas tangki yang besar

Dan pilihan yang tepat untuk melakukan perjalanan jauh adalah dengan menggunakan sepeda motor yang memiliki kapasitas tangki bensin yang besar. Salah satu pilihannya adalah New Honda CB150R StreetFire. Motor sport bergaya sporti layaknya big bike yang tampak semakin gagah, membanggakan dan membuat pengendaranya semakin percaya diri.

Dengan kapasitas tangki yang bisa muat hingga 12 liter bahan bakar tentunya akan semakin aman dan nyaman saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan All New CB150R StreetFire bisa menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien yaitu 40,5 km/l berdasar metode pengetesan ECE R40 dengan standar EURO 3.

All New CB150R StreetFire memiliki performa tinggi di setiap putaran berkat pengaplikasian mesin 150cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, dan berpendingin cairan. Akselerasi yang dihasilkan oleh model ini mampu mencapai 10,5 detik (0-200m). All New CB150R Streetfire juga menghadirkan sensasi berkendara yang menyenangkan dengan kecepatan maksimal hingga 125 Km/jam,

Khusus di bulan Desember 2023 ini, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat menghadirkan program spesial untuk setiap pembelian produk terbaru Honda. Konsumen setia Honda yang melakukan pembelian All New CB150R Streetfire mendapat penawaran menarik berupa potongan diskon sebesar Rp. 1 jutaan.

Promo menarik ini berlaku untuk pembelian secara cash maupun kredit, untuk memanfaatkan promo ini konsumen bisa langsung mengunjungi jaringan dealer sepeda motor Honda terdekat yang tersebar luas di wilayah Jawa Barat.

Untuk memberikan kemudahan konsumen juga dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.