Helm merupakan perangkat keselamatan yang paling penting saat digunakan berkendara. Selain harus memiliki standar kualitas yang baik supaya lebih aman, helm juga diharuskan nyaman ketika digunakan. Baik itu tidak berat, tidak longgar atau kekecilan, dan yang terpenting helm yang digunakan tidak mengalami kendala seperti basah, kotor atau bau tidak sedap.

Bau tidak sedap biasanya disebabkan akibat helm yang basah seperti terkena air hujan sehingga helm yang tidak nyaman saat dipakai yang bahkan bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara yang tentunya bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu berikut ini adalah tips mudah untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada helm.

1. Simpan helm di tempat aman saat parkir

Helm yang basah terkena hujan biasanya akibat karena disimpan ketika parkir, helm yang ditaruh di atas motor, digantung atau dikaitkan pada spion tentunya menyebabkan air masuk ke bagian dalam sehingga membuat udara di dalam helm menjadi lembab dan berkembangnya kuman dan bakteri penyebab bau tidak sedap.

Untuk itu selalu simpan helm di tempat yang aman saat parkir, seperti di simpan di dalam bagasi, atau di simpan di fasilitas tempat penitipan helm jika berada di parkiran umum. Agar helm tetap kering dan bersih juga terjaga dari aksi pencurian.

2. Hindari menjemur helm basah di bawah sinar mata hari langsung

Menjadi kebiasaan ketika helm yang basah setelah digunakan saat hujan adalah mengeringkannya dengan cara dijemur di bawah matahari secara langsung. Padahal langkah tersebut tidak tepat, menjemur helm secara langsung di bawah matahari tidak akan menghilangkan bau tapi justru akibat kotoran yang menempel pada kain dan busa helm akan mengeras secara tiba-tiba dan berpotensi merusak bagian tersebut.

3. Cuci helm secara rutin

Langkah yang tepat untuk mengatasi bau tidak sedap pada helm adalah dengan mencucinya secara rutin, apalagi helm standar keluaran terbaru memiliki fitur washable atau mudah dilepas bagian busa dan kainnya, sehingga memudahkan untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Gunakan sabun pencuci sebagai media pembersih, jangan lupa untuk sikat bagian yang terkena kotoran atau bagian yang sering terkena keringat dan keringkan dengan hair dryer atau bisa juga dikeringkan di tempat yang aman dan disarankan untuk tidak mengeringkannya secara langsung di bawah sinar matahari.

4. Gunakan spray pewangi helm

Saat ini banyak tersedia parfum atau spray pewangi helm, tentunya selain untuk mencegah helm menjadi lembab ketika basah, juga untuk membuat bagian dalam helm menjadi wangi dan nyaman saat digunakan.

Selalu lakukan perawatan dengan menjaga kebersihan helm, karena helm yang nyaman tentunya menjadi syarat akan perangkat keselamatan yang penting untuk mendukung #Cari_aman saat berkendara.