Sempat dilarang akibat pandemi, tahun ini tradisi mudik kembali diperbolehkan pemerintah. Dan aktifitas mudik tidak terlepas dari kendala seperti kemacetan yang selalu terjadi saat waktu mudik. Dan buat Brosis yang tahun ini melakukan mudik menuju ke Jawa Tengah atau Jawa Timur ada beberapa rute alternatif ketika melewati daerah Jawa Barat, yakni dengan melewati jalur Pantai Selatan atau Pansela.

Saat ini ada 3 jalur utama yang digunakan oleh para pemudik dari Ibu Kota ketika melewati Jawa Barat, yakni melewati Jalur Pantura dengan melewati Bekasi, Cikampek, Indramayu dan Cirebon sebagai perbatasannya.

Ada juga lewat jalur tengah yakni setelah Bandung, Brosis bisa melanjutkan menuju ke Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar sebagai perbatasan menuju gerbang Jawa Tengah. Tapi kedua jalur tersebut selalu berpotensi mengalami kemacetan terutama di momen-moment mendekati hari H Lebaran.

Dan jika Brosis menggunakan jalur Pansela, relatif lebih lancar dan lengang. Jalan aspalnya pun terbilang mulus dan bonus mendapatkan pengalaman menarik dengan suguhan pemandangan indah karena jalur ini terbentang melewati pesisir Pantai Selatan pulau Jawa.

Menurut catatan, Jalur Pantai Selatan membentang sepanjang 1.242 Km di mulai dari titik paling barat yang terletak di daerah Bayah, Kabupaten Lebak, Banten hingga ke kawasan Pacitan, Jawa Timur. Jalur ini melintasi lima provinsi di sepanjang Pulau Jawa dengan ruas Simpang Labuhan - Batas provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas provinsi Banten-Sindang Barang hingga batas provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 KM. Jalan lintas Pansela di provinsi Jawa Tengah dengan arus mulai Batas Provinsi Jawa Barat - Congot - Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 KM. Di Provinsi DI Yogyakarta (DIY) dengan ruas Karangnongko - Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 KM. Terakhir ruas ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul - Sendangbiru - Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 KM.

Dan buat Brosist yang berniat melewati rute Pansela, banyak jalur yang bisa diakses. diantaranya.

Dari arah Jakarta terus ke selatan menuju kabupaten Bogor hingga memasuki daerah Cianjur menuju Cibeber hingga nantinya bertemu di titik paling selatan Cianjur di daerah SindangBarang dan melanjutkan perjalanan ke arah timur melewati jalur Pansela.

Akses lainnya bisa melewati Bandung. Dari sini terdapat 2 jalur alternatif, diantaranya melewati daerah Ciwidey hingga ke selatan menuju daerah Cidaun atau bisa juga melewati jalur Pangalengan yang nanti tembus hingga ke daerah RancaBuaya di daerah selatan kabupaten Garut lalu kemudian melanjutkan perjalanan di sepanjang Pansela ke arah timur.

Namun yang harus diperhatikan saat menggunakan jalur Pansela adalah disarankan untuk melakukan perjalanan di siang hari, selain karena fasilitasnya yang memang kurang lengkap, jarak antar SPBU yang cukup jauh juga penerangan yang kurang dan melewati beberapa titik yang masih belum terdapat pemukiman penduduk.

Jalur Pansela bisa menjadi alternatif jalur mudik. Walaupun jarak tempuhnya menjadi sedikit lebih jauh, tapi tentu dengan tujuan untuk menghindari potensi situasi kemacetan maka tidak ada salahnya memilih jalur yang lebih lancar, lebih aman dan juga bisa lebih santai sambil menikmati pemandangan.