Jika Brosis sudah cukup umur, memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan menguasai skill berkendara tentunya tidak ada larangan untuk berkendara menggunakan sepeda motor di jalanan. Lalu, bagaimana jadinya dengan pengendara yang memiliki tubuh pendek seperti contoh hanya memiliki tinggi badan di angka 155cm kebawah?

Instruktur Saferty Riding PT. Daya Adicipta Motor (DAM), Asep Wawan mengatakan tentunya tidak ada peraturan khusus bagi pengendara untuk menentukan batas ukuran tinggi badan untuk berkendara menggunakan sepeda motor.

"Dibandingkan dengan pengendara yang memiliki ukuran tinggi badan yang ideal, pengendara bertumbuh pendek memang harus memiliki tingkat percaya diri lebih dan juga tambahan skill berkendara"ungkapnya.

Tapi sebelumnya pengendara harus bisa menyesuaikan type sepeda motor yang akan dipakai, kalau belum terbiasa lebih baik pilih type sepeda motor yang memiliki postur atau tinggi kursi yang pendek.

Untuk itu berikut ini tips naik motor bagi pengendara yang memiliki tubuh pendek sesuai dengan type sepeda motor yang digunakan, diantaranya.

Posisi aman berkendara menggunakan motor matic :

  • Pada saat start, posisikan duduk di jok paling depan supaya kaki dapat menjangkau tanah/aspal.
  • sesudah motor laju/maju dan kaki sudah di posisi footstep/dek usahakan posisi duduk agak sedikit  mundur supaya lebih nyaman.
  • Pada saat akan berhenti, posisikan duduk maju sedikit ke ujung depan dan setelah berhenti kaki bisa diturunkan.

Posisi aman berkendara menggunakan motor sport :

  • Badan berdiri di samping motor (belum naik/duduk di motor), lepas standar dan hidupkan motor, posisi tangan kanan fungsikan rem depan dan tangan kiri tarik kopling.
  • Masukkan gigi 1 dan angkat kaki kanan ke atas jok dengan paha sebagai tumpuan pada jok.
  • Mulailah jalan (lepas kopling) dengan perlahan, setelah sedikit laju/maju posisikan kaki kiri ke footstep dan mulailah posisikan duduk yang nyaman pada jok.
  • Pada saat mau berhenti ini kebalikan dari langkah yang tadi.

"Yang terpenting adalah selalu gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket dan untuk pengendara yang bertubuh pendek menggunakan sepatu bisa menambah sedikit tinggi badan, sehingga selain aman juga menjadi salah satu solusinya" tutupnya.

Foto : https://ndesoedisi.wordpress.com/