Helm merupakan perangkat keselamtan yang wajib digunakan oleh semua pengguna kendaraan sepeda motor tanpa terkecuali. Sehingga tidak ada alasan bagi pengendara yang memiliki kekurangan fisik dalam indera penglihatan seperti pengendara berkacamata untuk tidak menggunakan helm saat berkendara.

Seiring perkembangan jaman, helm juga tentunya makin canggih dan semakin memanjakan penggunannya dengan beragam fitur. Helm keluaran terbaru tentunya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa digunakan oleh siapa pun sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Untuk itu berikut ini adalah tips memilih helm untuk pengendara berkacamata, diantaranya.

Pilih helm dengan fitur wearable glasses

Saat ini beberapa produk helm sudah memiliki beberapa fitur yang memanjakan dan memudahkan penggunannya. Salah satunya adalah fitur wearable glasses atau glasses fit, dimana helm tersebut memiliki fitur dimana penggunannya bisa memasangkan bingkai kacamata pada busa dibagian dalam helm.

Pengguna helm tersebut akan lebih leluasa dan tidak khawatir kacamatanya terjatuh atau lepas ketika memasang atau menggunakan helm. Helm tersebut tentunya memiliki beragam ukuran sehingga bisa menyesuaikan ukuran kepala penggunannya agar lebih ideal dan nyaman saat digunakan.

Pilih helm yang sedikit longgar

Walaupun tidak disarankan untuk menggunakan helm yang terlalu longgar, tapi jika helm tersebut tidak memiliki fitur untuk menerapkan kacamata didalamnya, Pengguna helm bisa memilih helm yang sedikit agak longgar hanya dibagian samping saja, sehingga ketika memasang kaca mata tidak akan mengganggu kenyamanan saat menggunakan helm.

Pilih helm yang ideal dan nyaman

Dan yang terpenting, bagi siapa pun pengguna helm yang berkacamata atau tidak, selalu gunakan helm yang sesuai standar juga harus ideal dan sesuai dengan ukuran kepala penggunannya. Baik untuk helm jenis full face atau open face, pastikan juga helm yang digunakan selalu aman dan nyaman. Kaca helm juga harus dalam kondisi bagus, tidak baret, pecah atau buram sehingga visibilitas pandangan tetap baik.

Karena kalau tidak, menggunakan helm yang tidak tepat atau tidak nyaman saat digunakan maka akan mengganggu konsentrasi dan fokus saat berkendara sehingga bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.