Sepeda motor menjadi kendaraan altenatif bagi pengendara terutama yang sudah berkeluarga, berboncengan bertiga dengan membawa anak dan istri seperti menjadi hal yang lumrah terjadi. Tapi amankah berkendara dengan berboncengan bertiga menggunakan sepeda motor?

"Sebenarnya sepeda motor hanya boleh dikendarai oleh dua orang, satu orang bertugas sebagai pengemudi yang mengendalikan sepeda motor, dan satu lagi adalah penumpang yang dibonceng yang diduduk di kursi belakang. Dan jika berkendara dengan lebih dari 2 orang maka merupakan suatu pelanggaran dan bisa kena tilang" ungkap Asep Wawan yang merupakan Instruksur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora.

Tapi apa jadinya jika ada pengendara yang berboncengan bertiga membawa serta anak dan istri, seperti yang banyak dilakukan oleh para pemudik di waktu Lebaran kemarin?

"Namun jika karena alasan tertentu atau karena terpaksa seperti tradisi mudik dll, maka harus diperhatikan aspek keselamatan saat berkendara, tidak membawa barang berlebih, harus menggunakan perangkat keselamatan berkendara seperti helm, jaket dan sepatu dan patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas" tambahnya.

Dan berikut ini yang harus diperhatikan saat membawa anak ketika berboncengan menggunakan sepeda motor, diantaranya.

  • Balita sangat tidak disarankan dibonceng pada sepeda motor untuk jarak jauh/mudik.
  • Barang bawaan lebih baik dikirim terlebih dahulu menggunakan jasa paket ke tempat tujuan sebelum berangkat berkendara motor jarak jauh/mudik.
  • Pengemudi motor harus lebih waspada terutama masalah kecepatan.
  • Posisikan anak kecil di tengah dengan riding-gear lengkap dan selalu dalam pengawasan pembonceng dewasa terutama saat anak kecil tertidur.
  • Pastikan anak kecil yang di tengah tidak terhimpit supaya dapat menghirup oksigen dengan maksimal.
  • Disarankan untuk banyak beristirahat

"Bila sebelum 2 jam perjalanan anak kecil sudah rewel lebih baik berhenti sejenak, beristirahat dan makan secukupnya kemudian merenggangkan badan sebelum melanjutkan perjalanan untuk menghindari pegal dan kelelahan" tutupnya.