Memasuki musim hujan biasanya pengendara dihadapkan dengan beberapa kendala seperti jalanan licin juga jalanan yang tergenangan air banjir, jalanan rusak dan juga kemacetan. Untuk siap menghadapi berbagai kondisi tersebut, maka sepeda motor maupun pengendaranya diharuskan dalam kondisi prima.

Tapi pada umumnya, ketika hujan turun pengendara selalu dihadapkan dengan kondisi jalanan yang tergenang banjir. Lantas, apa yang harus dilakukan pengendara agar aman untuk melanjutkan perjalanan? Berikut tipsnya.

Langkah pertama adalah pastikan ketinggian genangan air aman ketika dilewati kendaraan, Pengendara bisa mengukurnya dengan melihat ketinggian genangan air sejajarar dengan ketinggian trotoar di pinggir jalan. Ketinggian genangan air banjir yang aman dilewati sepeda motor adalah sekitar 10 sampai 15 cm. Bisa juga diukur dengan melihat ketinggian lubang knalpot, filter udara, CVT dan foot step.

Jika ketinggian air sudah berada diatas posisi tersebut, maka bisa dipastikan genangan air tidak aman dilewati. Jika tetap memaksa melewati genangan tersebut, maka dipastikan sepeda motor akan berpotensi mengalami kendala atau bahkan bisa merusak bagian mesin sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Langkah selanjutnya adalah mengurangi kecepatan, dan menjaga ritme putaran gas agar air tidak masuk lewat lubang knalpot atau bagian lainnya. Pengendara juga harus berhati-hati dan pilih jalur yang aman, karena genangan air bisanya menutupi lubang, parit atau saluran drainane yang tidak terlihat oleh pandangan.

Gunakan rem yang tepat tanpa mengurangi kecepatan dan jaga keseimbangan agar tetap stabil dan menjaganya dari gelombang air dampak kendaraan lain dan juga selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan hormati pengendara lain.

Setelah berhasil melewati genangan air, maka sesudah digunakan sepeda motor diharuskan untuk dibersihkan dengan dicuci sampai bersih. Karena biasanya genangan air banjir selalu membawa serta berbagai kotoran dan lumpur yang biasanya mengendap di beberapa bagian komponen sepeda motor.

Menjaga kebersihan sepeda motor tentunya merupakan tindakan yang penting, terutama saat sudah melakukan aktivitas berkendara di musim hujan dan melewati genangan banjir. Tentunya menjadi salah satu tindakan perawatan sepeda motor yang paling mudah, agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan selalu aman dan nyaman menjadi teman berkendara setiap hari.