Berkendara yang aman tentunya tidak hanya dilakukan saat musim tertentu saja. Baik di musim hujan atau kemarau, pengendara tentu diharuskan untuk selalu berhati-hati supaya aman berkendara.

Jika di musim hujan pengendara sering mendapati rintangan seperti jalan licin dan juga banjir, maka di saat musim kemarau yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia para pengendara tentunya juga akan menghadapi masalah dengan kondisi yang berbeda seperti cuaca panas yang akan berpotensi mengalami dehidrasi.

Instruktur Safety Riding PT. Daya Adicipta Motora, Asep Wawan menerangkan Saat ini di Indonesia sudah memasuki siklus musim kemarau, tapi baik di musim hujan ataupun kemarau pengendara diharuskan selalu berhati-hati dan selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara supaya aman di perjalanan.

"Masalah yang biasa dihadapi pengedara saat memasuki musim kemarau adalah kondisi jalanan yang kering dan  berdebu yang mengakibatkan pandangan saat berkendara menjadi terganggu yang jika tidak berhati-hati akan menimbulkan potensi bahaya seperti terjatuh atau kecelakaan" jelasnya.

Lebih lanjut lagi, Asep Wawan memberikan tips aman berkendara saat menghadapi jalanan berdebu ketika memasuki musim kemarau.

  1. Selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara yang lengkap, diusahakan menggunakan helm jenis full face supaya perlindungan maksimal.
  2. Untuk pengendara yang menggunakan helm open face perlu adanya kaca helm & masker untuk melindungi pernafasan
  3. Jika kondisi jalanan dengan debu yang lebih pekat, maka perlambatlah kecepatannya supaya potensi bahaya di jalan bisa terlihat.
  4. Selalu sediakan obat tetes mata sebagai pembersih mata,
  5. Jaga jarak dengan kendaraan lebih besar usahakan jauh
  6. Tidak disarankan menyalip bila kondisi debu tebal, namun jika memungkinkan untuk menyalip pastikan kondisi aman.
  7. Jika akan menyalip gunakan lampu sein untuk memberikan isyarat kepada kendaraan didepan.