Sudah menjadi kebiasaan dan sangat lumrah ketika berhenti atau saat parkir dan hendak meninggalkan sepeda motor, Pengendara selalu menyimpan helm di Kaca Spion. Padahal tidakan tersebut adalah salah dan berpotensi merusak bukan hanya komponen kaca atau juga spionnya, tapi juga merusak helm terutama bagian dalamnya.

Selain itu, menyimpan helm di kaca spion saat parkir juga beresiko mengalami tindakan kejahatan seperti pencurian. Dan ketika dalam kondisi hujan, bagian dalam helm seperti busa dan kainnya akan basah dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bau tidak sedap ketika dipakai.

Untuk itu, Minho akan berikan beberapa tips untuk menyimpan helm yang tetap ketika parkir, diantaranya.

1. Menyimpannya di bagasi

Beberapa produk sepeda motor Honda terutama di segmen skutik sudah disediakan fitur ruang bagasi di bagian bawah kursi jok dengan ruang yang cukup luas untuk menyimpan helm. Untuk itu, bagi para pengendara menyimpan helm di bagasi yang sudah disediakan adalah tindakan yang tepat.

2. Digantung di pengait barang

Jika helm yang digunakan memiliki dimensi yang cukup besar dan tidak muat di bagasi. Maka bisa menggunakan fitur gantungan barang yang letaknya tepat di ujung bagasi di bawah jok. Biasanya terdapat dua buah tonjolan kecil yang berguna untuk mengaitkan barang.

Untuk sepeda motor matic biasanya terdapat dibawah kursi jok di bagian depan, sedangkan untuk motor sport juga terdapat di bawah jok dibagian belakang, dan untuk beberapa model sudah disediakan fitur pengunci sehingga lebih aman.

Fitur tersebut bisa digunakan untuk mengaitkan tali helm. Dan biasanya pada bagian tali helm terdapat ring atau besi khusus untuk mengaitkan pada bagian tersebut. Jangan lupa posisi helm juga harus dalam kondisi aman dengan bagian dalamnya tertutup, karena jika kondisi hujan dan pengendara menyimpan kendaraannya di tempat parkir out door maka bagian dalam helm akan berpotensi kemasukan air hujan.

3. Menyimpannya di tempat penyimpanan khusus.

Dan yang paling tepat untuk menyimpan helm ketika parkir adalah dengan membawanya kemudian menyimpannya di tempat khusus penyimpanan helm. Di tempat-tempat umum seperti Mall, Rumah Sakit dll tidak sulit untuk menemukan fasilitas tersebut.

Selain membuat helm lebih aman dari tindakan pencurian, menyimpan helm yang tepat juga menghindarkan dari kerusakan baik itu di bagian kaca spion atau pada helm.