Kendala yang sering dialami pengendara sepeda motor sport atau bebek yang menggunakan kopling manual adalah susah oper gigi terutama untuk pindah ke posisi Netral. Kendala ini biasanya terjadi saat di lampu merah, atau saat parkir untuk mematikan sepeda motor.

Apa penyebabnya, dan apakah hal tersebut merupakan pertanda mesin mengalami masalah?

Mengalami kendala saat oper gigi terutama untuk pindah ke posisi netral memang menjadi hal biasa. Bukan hanya terjadi pada motor yang sudah lama digunakan tapi terkadang terjadi pada sepeda motor kondisi baru.

Penyebabnya pun banyak faktor, yang sering kali disalahkan adalah oli. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan atau kondisi oli yang memang sudah waktunya ganti memang menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab lainnya bisa juga karena kampas kopling yang bermasalah seperti aus atau masa pakai yang sudah melewati batas. Pengaruh dari komponen kopling lainnya seperti arm pendorong, dan bagian dalam mesin seperti gearboks dan lainnya. Terkadang kondisi rantai yang sudah kendor jadi menjadi salah satu penyebabnya.

Tapi kebanyakan, penyebab susah netral ketika oper gigi adalah karena faktor komponen tuas kopling. Dimana jarak main tuas kopling juga sangat berpengaruh. Terutama karena stelan tuas kopling dibuat terlalu renggang, sehingga perpindahan gigi akan lambat dan menjadi salah satu faktor penyebab susah untuk memindahkan gigi terutama ke posisi netral.

Dan jika sebalaiknya ketika stelan tuas kopling jaraknya terlalu pendek, memang akan membuat kopling akan terasa lebih ringan. namun hasilnya akselerasi menjadi berkurang. Jadi sebaiknya gunakan jarak main tuan kopling yang ideal.

Maka untuk itu lakukan perawatan rutin, termasuk service perangkat kopling dan mesin sepeda motor di bengkel AHASS untuk menjaga kondisi motor tetap prima dengan settingan yang ideal.