Aktifitas trabasan atau off road di jalanan non aspal seperti blusukan ke dalam hutan menjadi salah satu hobi kebanyakan bikers di Indonesia, tak heran jika komunitas trabasan penyuka petualangan kini banyak bermunculan.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama komunitas pecinta off road, di ajang IIMS 2023 PT. Astra Honda Motor (AHM) resmi menghadirkan produk baru Honda CRF250L untuk memuaskan hasrat para off roader sejati.

Konsep utama desain CRF250L ditujukan untuk menjadikannya sebagai tunggangan yang dapat menempuh berbagai medan. Keseluruhan komponen didesain dengan bobot yang ringan pada bodi yang ramping, sehingga model ini kokoh dan mudah dikendalikan untuk melibas segala medan. Berbekal mesin tangguh berkapasitas 250cc dengan Assist/Slipper Clutch, CRF250L ini juga dilengkapi dengan fitur mumpuni seperti Inverted Front Suspension, Swing Arm aluminium, serta pelek jari-jari dibalut ban offroad yang lebih fleksibel dan kokoh untuk penggunaan di jalur offroad.

Brosis juga perlu ketahui jika Honda memiliki sejarah pengalaman yang panjang dalam mengembangkan motor on/off, sejak tahun 1973 yang dimulai melalui model CR. CRF bahkan seringkali memenangkan balapan di berbagai kompetisi internasional.

Di Indonesia, kontur daerah yang menantang dan banyaknya jalur off-road melintasi hutan, menjadikan CRF250L sangat cocok digunakan untuk memuaskan adrenalin para pecinta motor offroad Tanah Air.

Dan ada 9 Keunggulan Honda CRF250L yang harus brosis ketahui, diantaranya :

1. Desain off road sejati

CRF250L didesain secara khusus untuk menaklukkan berbagai medan offroad. Selain mesin yang tangguh, beragam fitur disematkan pada bodinya yang ringan dan ramping namun kokoh untuk melintasi berbagai trek offroad.

2. Suspensi Depan Inverted Fork dari Showa

Pada model ini, Inverted Front Fork Showa sepanjang 43mm disematkan sebagai suspensi depan dan dipadukan dengan suspensi belakang Showa Pro-Link. Kombinasi keduanya memastikan kenyamanan berkendara saat trabasan menikmati keindahan alam di Indonesia.

3. Lampu semuanya LED

Jika motor off road pada umumnya masih menggunakan model bohlam biasa, pada CRF250L kini sudah lebih modern karena baik pencahayaan lampu depan, lampu pengereman hingga lampu sein semuanya sudah menggunakan LED dengan bentuk yang minimalis. Makin aman nih ketika digunakan di malam hari nih Brosis.

4. Kapasitas tangki bensin

Yang sangat dibutuhkan untuk aktifitas off road adalah soal kapasitas tangki bensin, Nah, CRF250L ini mampu menampung bahan bakar sebanyak 7,8L, sehingga bisa untuk mendukung daya jelajah jauh saat berpetualang Brosis semakin jauh.

5. Folding Pedal

CRF250L menggunakan foot peg atau pedal pengemudi dengan model lipat sehingga lebih aman dan praktis serta kuat menahan benturan. Tak hanya itu, Ground clearance juga diatur setinggi 277mm, sehingga dapat dengan mudah melibas berbagai kondisi jalanan di Indonesia.

6. Alumunium Swing Arm dengan double wavy disc brake

Swingarm berbahan aluminium berkontribusi mengurangi bobot motor namun tetap kokoh dan membuat CRF250L tampil premium. Selain itu, double wavy disc brake pada sistem pengereman membuat motor ini tampil lebih gagah sekaligus membantu mengeluarkan panas karena pengereman lebih baik. Knalpot pada model ini dilengkapi dengan pelindung dan diposisikan tinggi untuk memberikan pengalaman berkendara offroad lebih baik.

7. Hand Guard

Pada handle motor juga disematkan hand guard yang berguna untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan di jalur offroad. Brosis tidak perlu membeli lagi aksesories tambahan karena komponen ini sudah menjadi satu bagian fitur bersamaan dengan motornya.

8. Full Digital Panel Meter

CRF250L memiliki panel meter full digital yang tampil modern dan dapat menyajikan informasi komplit terkait sepeda motor tentu saja dengan visibilitas yang lebih baik sehingga makin nyaman saat dipakai berkendara.

9. Performa Tak Terbatas

Performa tinggi CRF250L didukung dengan mesin tangguh 249cc, DOHC, single-cylinder, 6 kecepatan, berpendingin cairan yang dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan performa mumpuni yang disesuaikan untuk melintasi berbagai jalanan Indonesia. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan model ini mencapai 18,9 kW @8.500 rpm, dengan maksimum torsi sebesar 23,1 Nm @6.500 rpm.

Fitur Assist/ Slipper Clutch menjadi bagian dari CRF250L yang sanggup memberikan pengoperasian yang lebih lembut dan nyaman. Slipper Clutch berfungsi untuk mengurangi resiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling yang jauh lebih ringan.

Nah, Buat yang penasaran dengan motor ini bisa kunjungi dealer AHASS atau Brosis juga dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.