Bagaimana pun kondisi cuaca, perawatan terhdap seped motor adalah hal yang utama. Baik di musim hujan atau di musim panas atau kemarau sepeda motor hendaknya tidak luput untuk selalu dijaga kebersihannya. Karena jika motor dalam keadaan bersih tentunya semua komponen akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan.

Berbeda ketika musim hujan dimana pengendara terpaksa selalu mencuci sepeda motor karena terkena kotoran dan lumpur lebih sering, di musim kemarau justru pengendara cenderung lebih jarang untuk mencucinya. Alasannya mungkin karena kotoran yang menempel lebih sedikit atau hanya sekedar dibersihan dengan kain lap saja.

Tapi khusus untuk sepeda motor sport juga motor bebek ada salah satu komponen yang jangan pernah luput untuk selalu dirawat dan dijaga kebersihannya, komponen tersebut adalah rantai.

Itu karena walaupun jarang terkena air hujan, atau kotoran dan lumpur, komponen rantai termasuk juga gir sepeda motor rentan terkena debu dan kotoran saat musim kemarau. Karena pentingnya komponen tersebut, tentunya harus selalu bersih dan diberi pelumas tentunya supaya berkerja lebih maksimal dan terhindar dari kerusakan seperti aus atau kendor.

Sama seperti saat musim hujan, perawatan rantai sepeda motor di musim hujan juga kurang lebih sama dan sangat mudah dilakukan sendiri. Dan berikut ini yang harus dilakukan, diantaranya.

1. Dicuci Secara Rutin

Saat mencuci sepeda motor, bersihkan komponen tersebut secara rutin. Jangan lupa selalu lumasi rantai setelah dicuci dengan sabun agar sambungan mata rantai tak kering dan cepat aus.

2. Berikan Pelumas Khusus Rantai

Lumasi rantai hingga ke celah mata rantai dengan pelumas khusus. Langkah ini membuat rantai tidak mudah aus. Selain itu, bisa membantu membersihkan sisa kotoran, debu maupun air yang menempel pada sela rantai.

Yang harus diperhatikan adalah jangan lumasi rantai dengan oli bekas, karena malah membuatnya lebih mudah kotor dan tidak awet.

3. Gunakan Sepesifikasi Sesuai Anjuran

Gunakan gear dan rantai asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Perubahan ukuran rantai dan jumlah mata gear akan berpengaruh pada performa motor.

4. Lakukan Penyetelan Secara Rutin

Rantai yang terlalu tegang atau terlalu kendur menimbulkan resiko rantai putus atau terlepas dari mata gear. Hal ini jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Lakukan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30mm hingga 25-35mm.

Langkah perawatan rantai di atas bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama. Perlu diingat, gaya berkendara juga akan memengaruhi usia pakai gear dan rantai motor.

5. Ganti Gear dan Rantai Secara Bersamaan

Jika harus mengganti komponen tersebut, maka lakukan penggantian gear dan rantai secara bersamaan karena usia pakai ketiga komponen tersebut adalah sama.

Jika performa motor terasa mulai menurun, jangan ragu untuk melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel resmi Honda. Atau konsultasikan setiap permasalahan yang terjadi ke mekanik Honda berpengalaman di bengkel AHASS terdekat.