Berbeda dengan jenis sepeda motor lainnya, sepeda motor jenis sport dengan posisi tangki di depan lebih sering mengalami masalah tangki rembes atau jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kebocoran.

Penyebab tangki bocor adalah korosi pada material tangki yang terbuat dari besi sehingga menimbulkan karat yang jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kebocoran pada bagian-bagian tertentu seperti sambungan atau las-lasan bagian tangki.

Masalah tangki bocor umumnya terjadi pada kendaraan motor sport tipe lawas, sedangkan untuk keluaran terbaru sangat jarang terjadi karena inovasi pabrikan yang meminimalisir gejala tersebut dengan kontruksi dan material tangki yang lebih baik.

Timbulnya karat yang jadi penyebab utama tangki bocor adalah air. Bisa karena air yang masuk kedalam tangki, atau juga air yang menyebabkan karat dibagian luar tangki.

Hal tersebut sebenarnya bisa dicegah sedari dini, seperti merawat dan menjaga tanki sepeda motor  dengan cara.

  1. Menjaga supaya air tidak masuk kedalam tangki baik ketika hujan, atau saat mencuci sepeda motor. Jaga supaya tutup tangki tertutup sempurna dan tidak ada celah air masuk kedalamnya.
  2. Selalu mengisi tangki dalam kondisi penuh. Hal ini agar tidak membiarkan tangki dengan ruang kosong yang menyebabkan uap air menumpuk lebih banyak didalamnya.
  3. Rutin menguras tangki, supaya bagian dalamnya tetap terjaga kebersihannya bukan cuma dari air tapi dari berbagai kotoran yang terkadang masuk secara tidak sengaja.

Bagaimana jika tangki sepeda motor sudah terlanjur bocor? Saat ini banyak bengkel-bengkel yang menawarkan jasa perbaikan tangki. Bisa dengan cara ditambal menggunakan lem besi atau lem khusus lainnya. Ada juga dengan cara dilas dengan cara dipatri dengan keahlian khusus.

Tapi terkadang langkah tersebut tidak menjamin keawetan tangki tersebut. Solusi yang tepat adalah menggantinya dengan tanki baru. Disarankan untuk tidak menggantinya dengan tanki bekas karena dikhawatirkan tangki tersebut juga memiliki masalah yang sama.

Jadi, pengguna sepeda motor yang mengalami masalah tangki bocor harus waspada karena selain menyebabkan bahan bakar menjadi boros juga bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar seperti contoh motor terbakar akibat bahan bakar yang terkena percikan api dari busi, dan lainnya.