Sepeda motor matic pada umumnya dilengkapi dua macam perangkat starter untuk menyalakan mesin. Ada yang hanya memiliki satu sistem start yakni electric saja ada juga yang menggunakan dua jenis starter yaitu electric dan kick starter. Biasanya yang menggunakan model tersebut adalah skutik di kelas low-entry.

Walaupun hanya electric starter saja dirasa cukup, karena hanya dengan menekan tombol starter jika dalam kondisi prima maka mesin akan menyala dengan normal dan tanpa kendala.

Tapi kick starter di beberapa produk motor matic juga tak kalah pentingnya. Malah lebih banyak memiliki keuntungan terutama jika kondisi aki atau baterai mulai lemah, maka menyalakan sepeda motor menggunakan kick starter bisa menjadi solusi dan langkah alternatif.

Untuk itu merawat kick starter menjadi suatu keharusan, tentunya untuk membuat perangkat ini selalu dalam kondisi prima terutama saat dibutuhkan. Perawatannya pun cukup mudah, diantaranya.

Sama dengan bagian komponen lainnya, kick starter juga harus terjaga kebersihannya. Terutama saat mencuci atau sering terkena lumpur dan air hujan. Bagian ini tentunya harus selalu bersih dan bebas kotoran.

Dan walaupun jarang digunakan, pemilik sepeda motor matic yang memiliki fitur kick starter harus sering digunakan, misalnya ketika akan menyalakan sepeda motor di pagi hari. Cukup dengan mengakan standar tengah lalu, sesekali menyalakan sepeda motor menggunakan sepeda motor.

Supaya bagian kick starter selalu ada pergerakan dan dibagian dalam komponen perangkat tersebut selalu bekerja dengan baik.

Kemudian, ketika melakukan service rutin terutama di bagian komponen CVT. Maka di bagian dalam perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan dan dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan.

Bisa cek, ketika diselah. Apakah berjalan normal. Jika terkendala seperti seret, keras ketika diinjak atau sebaliknya seperti ngelos dan tidak bisa kembali maka terdapat masalah di beberapa komponen di dalamnya.

Jika terdapat masalah, maka segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk melakukan service dan perbaikan. Untuk menjaga dan merawat semua komponen sepeda motor tetap terjaga prima.