Sering kali muncul di media social dimana ada sebagian pengendara yang menggoyangkan kendaraan mereka ketika melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU. Selain menjadi faktor kebiasaan, hal tersebut mereka lakukan supaya bensin atau BBM yang mereka bisa terisi merata dan penuh. Apakah tindakan tersebut benar, sekedar mitos atau fakta?

Jawabannya ternyata Mitos tuh Brosis. Jadi banyak dari mereka mengganggap jika menggoyangkan motor ketika isi bensin akan memperlancar aliran supaya tanki bahan bakar terisi penuh.

Padahal sejatinya setiap kendaraan termasuk sepeda motor sudah didesain sedemian rupa berdasarkan riset dan pengujian tangki penyimpanan bahan bakar dengan bentuk dan ukurannya tidak berubah.

Jadinya ketika digoyangkan, maka tidak akan mempengaruhi kapasitas atau isi daripada cairan bahan bakar yang ada di dalam tangki. Sehingga digoyangkan atau tidak, maka isi didalam tangki tentunya tidak akan berubah dan tetap.

Sehingga jika Brosis memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya hentikan, karena menggoyangkan sepeda motor ketika mengisi bensin justru bisa menimbulkan bahaya ketika cairan bensin yang tumpah atau tercecer.

Dan jangan lupa, ketika melakukan pengisian bensin di SPBU sebaiknya Brosis sebagai pengendara harus turun dari motor dan menurunkan standar samping, selain karena sebuah etika dan beberapa sebuah peraturan di beberapa SPBU, juga untuk lebih mudah meninggalkan sepeda motor ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi seperti contoh saat kebakaran, dan lainnya.