Sepeda motor yang menggunakan mesin berbahan bakar bensin tentunya memiliki komponen untuk mengeluarkan gas buang. Ada yang menyebutnya exhaust, muffler dan kebanyakan lebih mengenal dengan nama knalpot.

Setiap produk sepeda motor tentunya memiliki bentuk knalpot yang berbeda-beda, ada yang memanjang, ada juga bulat dan pada beberapa produk menyesuaikan dengan desain motornya, seperti contoh Honda CBR250RR yang memiliki dua lubang dan silenser knalpot sebagai identitas jika motor sport tersebut memiliki konfigurasi mesin 2 silinder.

Pada umumnya knalpot itu berada disebelah kanan samping sepeda motor, tapi ada beberapa produk yang posisinya justru berbeda ada yang diatas ada juga yang sekilas tidak terlihat pandangan.

Tentunya posisi tersebut memiliki fungsi dan tujuan selain menjadi faktor estetika desain. Untuk itu yuk kita mengenal jenis-jenis knalpot berdasarkan posisi penempatannya.

1. Side Muffler

Inilah jenis knalpot yang sangat umum, dan digunakan oleh semua kendaraan sepeda motor. Untuk produk Honda dari mulai motor bertransmisi matic, manual sepeti motor bebek dan sport kebanyakan menggunakan knalpot jenis ini.

Seperti namanya, knalpot ini posisinya disebelah samping kanan sepeda motor.

2. Undertail Muffler

Coba perhatikan motor adventure bergaya on-off road Honda CRF150L, pasti Brosis akan melihat posisinya berbeda dengan motor lainnya. Karena posisinya berada tepat dibawah jok. Tentunya memiliki fungsi untuk menjaga knalpot terlindungi dari lumpur atau aman dari benturan ketika jatuh.

Tak hanya itu, salah satu varian BigBike Honda CBR600RR juga menggunakan knalpot jenis undertail yang posisinya tepat dibawah jok belakang. Tentunya memiliki fungsi supaya motor lebih ramping, lebih seimbang  sehingga lebih aerodinamis untuk menunjang performanya.

3. Underbelly

Posisi knalpot jenis ini berada tepat dibawah mesin, sehingga terlihat lebih ramping dan area swing arm dan belakang lebih terkekspose. Salah satu produk yang menggunakan knalpot jenis Underbelly adalah Honda CB650R, BigBike bermesin 650cc 4 silinder bergaya Neo Sport Cafe yang dijual di Indonesia.

Keunggulan knalpot jenis ini adalah untuk meningkatkan akselerasi dan torsi mesin di putaran bawah.

Jadi, sudah pada tahu jenis-jenis knalpot pada sepeda motor. Jangan lupa untuk selalu rawat knalpot sepeda motor supaya performa mesin tetap terjaga, dan jika ada kendala lakukan perbaikan selalu di bengkel AHASS yang tersebar di seluruh daerah di Jawa Barat.