Sepeda motor terdiri dari beberapa bagian komponen yang terbuat dari berbagai bahan baku pembuatannya, Seperti untuk rangka, setang kemudi, standar biasanya terbuat dari logam besi dan baja, kemudian velg dan juga mesin dari alumunium, serta banyak lagi. Namun untuk bagian bodi sepeda motor termasuk bagian spakbor, dek, batok headlamp juga cover knalpot, komponen tersebut terbuat dari bahan plastik.

Alasan mengapa menggunakan bahan dari plastik adalah karena bobotnya yang cukup ringan dan kuat, fleksibel dan juga lebih mudah dibentuk sehingga relatif lebih murah. Bahan baku plastik juga tentunya bisa direcycle atau di daur ulang dengan baik sehingga lebih ramah lingkungan.

Dari tujuh jenis bahan plastik yang sangat umum digunakan di Indonesia, Beberapa komponen pada sepeda motor menggunakan empat jenis bahan plastik, diantaranya.

Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS)

Bahan plastik ABS ini biasa digunakan pada bagian bodi sepeda motor, memiliki tekstur yang halus sehingga lebih mudah dalam proses pengecatan. Bobotnya cukup ringan dan kuat, namun karakter plastik jenis ini cenderung kaku, sehingga rentan mengalami pecah atau kerusakan ketika terjadi benturan.

Polycarbonate (PC)

Polikarbonat adalah plastik yang banyak digunakan pada industri otomotif karena memiliki karakteristik yang transparan dan tahan benturan. Selain itu, bahan polimer plastik ini bersifat kaku, keras, tahan panas sehingga lebih awet dan tahan lama.

Umumnya digunakan pada beberapa komponen cover dan penutup kaca berbagai komponen lampu seperti lampu depan, lampu sein dan juga lampu rem serta pada bagian mika panel meter sepeda motor.

Polymethyl Methacrylate (PMMA)

Selain plastik jenis PC, untuk bahan jenis plastik pada komponen penutup lampu motor juga ada yang menggunakan plastik jenis PMMA atau Polymethyl Methacrylate. Dikenal juga dengan nama jenis plastik akrilik atau kaca plexiglass.

Plastik jenis ini digunakan sebagai pengganti komponen berbahan kaca sehingga memiliki kejernihan optik yang luar biasa.

Polypropylene (PP)

Keunggulan bahan plastik jenis PP ini adalah lentur namun kuat dan tahan dari benturan dan gesekan, sehingga plastik jenis ini sering digunakan pada bagian yang rentan terkena benturan dan gesekan seperti spakbor belakang, floor deck atau pijakan kaki dan cover bodi plastik bagian bawah sepeda motor matic.

Karakteristik bahan plastik jenis PP ini memiliki tekstur yang kasar, sehingga banyak yang menyebutnya dengan nama plastik kulit jeruk. Plastik jenis ini biasanya tidak bisa dilapisi cat karena mudah terkelupas, sehingga pada umumnya bagian sepeda motor yang menggunakan plastik jenis ini cenderung berwarna hitam, atau jikapun memiliki warna merupakan warna dasar pada plastik tersebut.

Sama seperti bagian lainnya, komponen sepeda motor yang menggunakan kedua jenis plastik tersebut harus mendapat perawatan dan menjaga kebersihannya. Untuk membuatnya lebih awet hindari mencuci bagian plastik menggunakan bahan pencuci yang bersifat korosif, disarankan menggunakan sabun yang khusus untuk mencuci sepeda motor agar mendapatkan hasil yang maksimal.