Cermin atau kaca spion memiliki fungsi untuk melihat kondisi sekitar sepeda motor terutama di bagian titik buta seperti di bagian belakang dan samping saat berkendara. Maka dari itu spion terdiri dari dua posisi yaitu kiri dan kanan dan keduanya memiliki peranan penting walaupun yang paling dominan digunakan dan dilihat adalah bagian kanan saja.

Karena menjadi salah satu komponan penting, pengendara sering kali abai akan fungsi dari kedua kaca spion ini. Seperti misal hanya menggunakan spion kanan saja, atau tetap digunakan walaupun kondisinya sudah rusak dan tak berfungsi dengan baik.

Kaca spion juga harus dirawat supaya berfungsi dengan baik. Karena tentunya spion juga salah satu faktor supaya berkendara lebih aman.

Untuk itu, ketahui beberapa masalah yang sering terjadi pada kaca spion sekaligus cara mudah untuk memperbaikinya. Diantaranya.

Cermin kaca spion kotor

Karena sering terpapar radikal bebas seperti debu, kotaran dan hujan sering kali terdapat kotoran pada kaca spion atau pun pada frame-nya. Jika dibiarkan tentunya akan menggangu pandangan ketika berkendara.

Jika hanya kotor karena debu, cukup dibersihkan saat mencuci sepeda motor dengan cairan pembersih yang biasanya Brosis gunakan. Tapi jika kotor karena bintik-bintik noda yang susah hilang atau jamur, maka harus dibersihkan lebih ekstra.

Bisa menggunakan cairan khusus pembersih jamur pada kaca, atau ada juga cara mudah menggunakan cuka. Setelah kotoran tersebut rontok, kemudian bersihkan dengan sabun sampai bersih dan kaca spion bisa berfungsi dengan baik.

Kaca spion bergetar

Saat berkendara, ada beberapa kasus dimana kaca spion bergetar dan sering kali menimbulkan suara mengganggu. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika terdapat celah antara kaca cermin dan bagian framenya menjadi longgar. Solusinya bisa mengganjalnya dengan karet atau seal bekas. Tapi jika kondisinya sudah rusak, maka diharuskan untuk diganti.

Kaca spion retak atau pecah

Jika kondisi kaca spion retak atau pecah, tentunya kondisi tersebut tidak biasa diperbaiki. Solusi yang tepat adalah dengan menggantinya dengan kaca spion baru. Tentunya karena kaca spion yang retak, pasti akan menggangu pandangan atau salah menganalisa kondisi sekitar terutama dibagian belakang yang tentunya akan menimbulkan potensi bahaya.

Kaca spion oblak

Itulah akibat daripada sering menyimpan helm pada kaca spion yang menimbulkan bagian antara kaca dengan batang spion longgar akibat beban dan usi pakai sehingga menimbulkan kaca spion oblak. Di beberapa spion biasanya terdapat skrup untuk mengencangkannya, tapi sudah tidak bisa dikencangkan maka kondisinya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Spion bergeser atau putar

Saat berkendara dan karena ada getaran sering kali komponen spion berputar atau bergser posisi batangnya karena longgar. Penyebabnya tentu karena mur pada spion longgar akibat tidak diputar kencang. Solusinya tentu cukup mudah hanya dengan mengencangkan kembali mur pada batang spion pada posisi yang ideal.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu membawa tools atau perkakas sederhana seperti obeng dan kunci pas untuk mengantisipasi ketika ada kendala seperti kaca spion longgar dan lainnya ketika berkendara bisa teratasi dengan mudah.