Untuk merawat sepeda motor supaya tetap prima adalah dengan selalu rutin mengganti oli sesuai jadwal. Tapi perlu di ingat jika khusus untuk sepeda motor matic berbeda dengan motor lainnya karena memiliki dua jenis oli. Selain oli mesin ada juga oli transmisi atau yang lebih dikenal dengan nama oli gardan.

Oli transmisi atau oli gardan punya fungsi penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Letaknya berada di bagian belakang CVT tepat di tengah poros yang menghubungkan CVT dengan ban belakang.

Jika sering terlambat atau salah spesifikasi saat mengganti oli gardan, maka kerusakan pada gear ratio bisa terjadi. Biasanya, kerusakan komponen tersebut ditandai munculnya noise berupa suara kasar atau suara bising dari dalam boks CVT.

Sama seperti oli mesin, penggantian oli transmisi atau oli gardan juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri menggunakan tools sederhana. Dan jadwal penggantian oli gardan juga berbeda dengan oli mesin, dimana biasanya dilakukan saat jarak tempuh mencapai 8000 km atau pemakaian sepeda motor selama 8 bulan. Bisa juga melakukan perbandingan 2 banding 1 dimana setiap Brosis melakukan 2 kali ganti oli mesin maka bisa sekalian melakukan ganti oli transmisi secara bersamaan.

Selain itu, perlu Brosis ketahui jika pada produk Honda Genuine Part terdapat 2 jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic. Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk Honda, membuat pelumas mempunyai stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin atau pun panas. Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.

Jadi penting untuk dipahami spesifikasi oli mesin dan transmisi untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Agar tidak salah pilih spesifikasi oli, bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk medapatankan perawatan dan suku cadang terbaik dari Honda. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.