Dari sekian banyaknya kasus mesin sepeda motor rusak dan bahkan harus mengalami tindakan turun mesin adalah karena faktor telat ganti oli. Tak hanya itu, banyak kerugian yang didapat bagi pengendara yang tidak merawat sepeda motor termasuk yang paling penting dan paling mudah seperti mengganti oli.

Beberapa alasan klasik yang sering diutarakan para pengendara yang telat ganti oli adalah karena faktor lupa, atau karena dirasa kondisi mesin masih enak padahal sudah waktunya ganti yang justru menyebabkan kerugian yang lebih besar.

Sebaliknya, mengganti oli mesin secara teratur dan rutin justru banyak untuknya.Penasaran apa saja? Berikut diantaranya.

1. Komponen mesin awet

Dengan melakukan penggantian oli secara teratur, keuntungan yang utama adalah komponen di dalam mesin selalu terjaga, selalu bersih dan terhindar dari banyaknya kotoran yang mengendap sehingga terbebas dari kerusakan.

Jika kebiasaan poitif seperti mengganti oli mesin secara rutin maka dalam jangka panjang, kondisi mesin akan selalu awet dan jika sepeda motor akan dijual kembali akan menjadi nilai plus untuk meningkatkan harga jual yang lebih tinggi.

2. Suhu mesin terjaga

Pastinya akan menjadi kendala jika saat berkendara terdapat hembusan suhu panas di area mesin. Selain karena faktor spesifikasi atau kualitas oli yang salah, bisa juga karena oli yang digunakan sudah waktunya ganti.

Sehingga jika oli diganti secara rutin, suhu mesin akan terjaga dalam kondisi ideal.

3. Performa mesin tetap optimal

Karena mesin selalu dalam kondisi prima karena komponen di dalamnya terlindungi oli mesin yang selalu baru, maka performa mesin pun tidak akan terkendala. Terutama di bagian ruang bakar, komponen vital seperti piston dan ring piston, klep dan lainnya akan selalu bekerja optimal dan tenaga atau performa mesin akan selalu terjaga.

4. Irit bahan bakar

Jika sepeda motor brosis dirasa lebih boros dari biasanya, salah satu penyebabnya adalah karena telat ganti oli sehingga menyebabkan panas dan konsumsi bahan bakar berlebih. Mengganti oli mesin teratur terhindar dari kerugian tersebut dan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

5. Terhindar dari kerugian service besar

Dan walaupun mengganti oli mesin secara rutin menjadi pengeluaran tiap bulan, tapi bisa menjadi solusi untuk terhindar dari kerugian yang lebih besar seperti service besar akibat mesin yang rusak bahkan sampai turun mesin.

Pengeluaran minimal seperti mengganti oli tentunya lebih baik ketimbang pengeluaran yang lebih besar akibat telat ganti oli.

Untuk menjaga keaslian produk oli, pastikan untuk selalu melakukan perawatan sepeda motor termasuk mengganti oli di bengkel AHASS untuk mendapatkan pelayanan dan produk terbaik.