Tampilan panel meter termasuk speedometer, tachometer dan termasuk fuel meter merupakan perangkat standar pada kendaraan sepeda motor. Memiliki fungsi masing-masing yang tentunya untuk menampilkan informasi penting yang dibutuhkan saat berkendara.

Panel speedometer misalnya, memiliki fungsi untuk menunjukan angka kelajutan atau kecepatan sepeda motor. Ditunjukan dalam angka dalam satuan kilometer per jam.

Ada 2 jenis panel speedometer yang digunakan pada sepeda motor yang beredar khususnya di Indonesia, diantaranya.

1. Panel speedometer analog

Memiliki tampilan yang klasik, karena walaupun digunakan dari saat era sepeda motor pertama diciptakan, model speedometer seperti ini masih digunakan pada sepeda motor produk terbaru saat ini.

Speedometer analog memiliki tampilan mirip jarum jam yang akan berputar menunjukan angka kecepatan ketika melaju. Cara kerjanya ada 2 tipe, diantaranya dengan cara yang sederhana yaitu input kecepatan dihasilkan dari komponen gearbox yang berputar sesuai putaran roda depan yang kemudian disalurkan ke panel speedometer yang diputar secara manual menggunakan kabel sling.

Model tersebut sudah lama tidak digunakan lagi, karena pada produk sepeda motor Honda terbaru walaupun masih menggunakan panel speedometer dengan penunjuk jarum analog tapi inputnya di hasilkan dari sensor putaran di bagian mesin.

2. Panel speedometer digital

Untuk speedometer digital, input kecepatan bersumber dari sensor putaran mesin. Namun ditunjukan dalam angka digital dalam layar digital. Ada 2 jenis layar digital yang saat ini digunakan, diantaranya

  • Layar speedometer LCD

Panel speedometer dengan layar Liquid Crystal Display atau LCD sangat umum digunakan pada produk sepeda motor keluaran terbaru. Hadir dengan layar monochrome yang menampilkan angka speedometer secara digital.

Tak hanya menampilkan angka kecepatan, layar LCD pada speedometer digital juga menunjang fitur yang lebih lengkap yakni bisa menampilkan beragam macam indikator seperti konsumsi bahan bakar rata-rata, informasi jarak tempuh yang bisa diatur, indikator penggantian oli, jam digital hingga suhu.

  • Layar speedoemeter TFT

Seiring dengan perkembangan jaman, inovasi terus dilakukan. Saat ini teknologi panel speedometer pun berkembang dan semakin canggih salah satunya dengan menggunakan model layar Thin Film Transistor atau TFT display.

Seperti layaknya smartphone, layar speedometer TFT memiliki tampilan yang berwarna sehingga terkesan lebih modern dan futuristik. Informasi yang ditampilkan pun lebih lengkap termasuk dari segi entertainment. Bahkan di beberapa model bisa mendukung konektifitas smartphone menggunakan aplikasi.

Produk sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi canggih speedometer TFT display yang beredar di Indonesia saat ini diantaranya produk kategori Big-Bike seperti Honda CBR1000RR-R SP, Honda CBR600RR, Sport adventure Honda Africa Twin dan juga Honda Goldwing 1800.