Spion merupakan salah satu komponen perangkat pendukung keselamatan berkendara, fungsi utamanya untuk membantu para pengendara melihat kondisi di belakang sepeda motor melalui media pantulan cermin, sehingga bisa mengantisipasi tindakan ketika akan berbelok, berpindah jalur, menyalip atau memutar kendaraan.

Spion yang khususnya untuk sepeda motor memiliki beragam macam bentuk dan posisi. Ada yang bentuknya bulat, kotak dan lancip, untuk posisinya ada yang diatas setang kemudi, di bandul setang dan ada juga di bodi depan sepeda motor.

Tapi pada umumnya semua jenis sepeda motor memiliki satu kesamaan, yaitu cara memutar, mengencangkan dan membuka spion. Walaupun ada beberapa model yang dibuat berbeda karena alasan tertentu. Lantas bagaimana dengan spion produk Honda?

Untuk semua jenis produk sepeda motor Honda, spion bisa diatur posisinya supaya ideal ketika digunakan, Untuk mengencangkannya, ulir atau drat pada batang spion diputar dengan searah jarum jam, yaitu ke sebelah kanan. dan untuk menguncinya pada posisinya yang tepat putar bagian mur menggunakan kuci pas atau bisa juga gunakan kunci inggris ke sebelah kiri atau ke arah berlawanan dengan jarum jam.

Sebaliknya, untuk membukanya putar batang spion ke sebelah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam, dan murnya diputar ke sebelah kanan. Semua langkah tersebut juga bisa digunakan untuk mengencangkan spion bagian kanan, maupun spion di sebelah kiri. Karena keduanya memiliki arah yang sama.

Sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor, spion juga harus mendapat perawatan. Harus dicuci secara rutin, terutama bagian cermin kacanya agar tidak menggangu tampilan saat digunakan. Kamudian hindari penggunaan yang tidak seharusnya seperti menggantungkan helm atau benda lainnya pada spion, karena akan merusak bagian spion seperti longgar, patah atau bengkok.

Selain sebagai alat pendukung keselamatan berkendara, Spion juga bisa digunakan sebagai media modifikasi. Saat ini banyak penyedia spion aftermarket dengan beragam model dan jenis untuk menyesuaikan trend dan selera pengendara. Namun harus diperhatikan fungsi utama spion dan harus sesuai standar serta tidak melanggar peraturan lalu-lintas.