Kenyamanan dan kondisi sepeda motor yang prima adalah yang utama selain perangkat keselematan berkendara. Tapi apa jadinya jika sepeda motor yang kita kendarai mengalami masalah, tentunya aktifitas atau mungkin pekerjaan sehari-hari akan terkendala.

Salah satu komponen yang paling penting dan jika terkendala akan membuat motor sangat tidak nyaman adalah komstir. Memiliki peranan penting pada handling atau pengendalian sepeda motor, komstir terletak pada bagian sumbu antara segitiga triple clamp dan rangka sepeda motor.

Dan berikut ini adalah tanda dan gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan pada bagian komstir. Diantaranya.

  1. Setang kemudi terasa berat saat bermanuver atau berbelok, terasa kaku dan sulit dikendalikan
  2. Setang kemudi tidak stabil dan bergoyang saat dikendarai terutama saat dibawa di kecepatan tinggi.
  3. Getar berlebih dibagian stang kemudi.
  4. Jika dibawa ke jalan rusak atau polisi tidur terdapat sudara jeduk, dan terasa oblak
  5. Rem berasa tidak pakem.

Penyebab kerusakan pada komstir bisa karena beberapa faktor, bisa karena usia pakai yang sudah waktunya diganti, bisa juga karena karat dan kualitas material komstir yang buruk atau bisa juga karena kurang perawatan.

Komstir terdiri dari bola-bola besi dan tertutup mangkuk dan menyatu dengan bagian rangka. Bagian ini harus dilumasi dengan grease atau gemuk supaya terjaga dari karat dan kotoran yang menjadi penyebab kerusakan.

Jika timbul gejala diatas, Komstir tidak bisa diperbaiki, maka disarankan untuk segera diganti dengan komstir baru. Selalu gunakan spare part komstir asli Honda dan lakukan penggantian dan perawatan di bengkel AHASS supaya terjamin kualitas dan keasliannya.