Sepeda motor yang digunakan berkendara dalam kondisi prima tentunya akan berjalan mulus tanpa kendala, suara yang terdengar hanya suara knalpot itupun akan terdengar halus tanda pembakaran bekerja dengan baik. Tapi bagaimana jika terdengar suara lain yang cukup mengganggu pada sepeda motor? Bisa jadi suara tersebut menjadi indikasi jika terdapat beberapa masalah pada sepeda motor.

Suara mengganggu atau noise bisa ditandai dengan suara berisik di beberapa komponen baik dari dalam mesin atau bagian lainnya. Biasanya terdengar saat sepeda motor dalam kondisi berjalan dan membuat berkendara jadi tidak nyaman dan penuh rasa was-was.

Untuk itu, kenali beberapa tanda dan penyebab suara mengganggu pada sepeda motor, diantaranya.

  • Rantai

Yang sangat umum terjadi pada sepeda motor terutama jenis motor sport dan motor bebek adalah suara berisik di bagian rantai. Suara tersebut bisa menjadi tanda jika rantai dalam kondisi kering, rusak atau kendor. Solusinya, jika permukaan rantai dalam kondisi kering maka segera diberi pelumas khusus untuk rantai, disarankan untuk jangan menggunakan oli bekas karena bisa merusak. Periksa juga kekencangan rantai sehingga dalam kondisi ideal.

Jika kondisi rantai termasuk gear dalam kondisi aus atau rusak, disarankan untuk melakukan pergantian. Mengingat pentingnya komponen tersebut, karena jika terjadi kerusakan seperti rantai putus yang bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

  • CVT

CVT atau Continuously Variable Transmission adalah sistem transmisi yang digunakan pada sepeda motor janis matic. Komponen ini tertutup menggunakan cover crankcase, namun suara berisik sering kali timbul jika komponen didalamnya mengalami kerusakan atau terdapat banyak debu dan kotoran.

Suara yang timbul dari dalam CVT biasanya juga karena beberapa komponen yang kurang mendapat pelumasan, untuk itu selalu gunakan grease atau gemuk khusus untuk beberapa bagian CVT. Namun sangat disarankan untuk selalu melakukan perawatan bagian CVT di bengkel AHASS karena bagian tersebut merupakan bagian paling penting untuk sepeda motor jenis matic untuk bisa bekerja optimal dalam menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda belakang.

  • Rem

Suara menggangu biasanya terdapat pada beberapa komponen rem, ditandai dengan suara berisik dibagian tromol untuk sistem pengereman tromol, atau suara kasar pada bagian komponen rem cakram. Biasanya disebabkan karena kondisi kampas rem yang sudah aus. Atau bisa karena banyaknya kotoran yang menyebabkan sistem pengereman menjadi terganggu.

Selalu cek dan periksa kondisi rem sebelum mulai berkendara, jika sistem pengereman tidak berjalan normal yang ditandai suara menggangu, maka harus segera melakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

  • Bearing

Jika muncul suara yang tidak normal pada bagian kaki-kaki, biasanya disebabkan karena bearing yang rusak atau aus. Harus diketahui jika bearing merupakan komponen pada sepeda motor yang tidak bisa diperbaiki, sehingga jika kondisinya sudah rusak, maka langkah yang tepat adalah dengan melakukan pergantian.

Bukan hanya dibagian kaki-kaki, terutama dibagian shockbreaker depan atau di bagian gear belakang dan tromol sepeda motor, bearing juga terdapat pada bagian lain terutama dibagian dalam mesin dan komponen CVT motor matic. Bearing yang sudah rusak bahkan bisa menyebabkan kebocoran oli mesin dan gear box dalam komponen CVT, sehingga jika terdapat sudara menggangu pada bagian tersebut, segera melakukan pengecekan dan perbaikan.

  • Mesin

Dan yang paling umum adalah suara berisik pada bagian mesin. Suara tersebut bisa menjadi indikasi terdapat kerusakan pada beberapa komponen. Tapi bisa juga disebabakan karena oli mesin yang sudah waktunya diganti sehingga membuat sirkulasi dan pelumasan menjadi tidak optimal.

Untuk itu, selalu lakukan pergantian oli sesuai jadwal dan juga selalu gunakan oli asli Honda untuk menjaga kondisi mesin dalam kondisi prima. Lakukan penggantian oli dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS agar oli dan komponen mesin yang digunakan selalu terjamin keasliannya dan juga dilakukan oleh mekanik handal dan berpengalaman.