Oli atau minyak pelumas merupakan bagian penting pada mesin sepeda motor, Fungsi utama oli mesin selain melumasi bagian komponen di dalam mesin, juga untuk menjaga suhu mesin tetap ideal agar berkerja dengan optimal.

Ada beberapa kendala yang sering dialami oleh pengendara sepeda motor, salah satunya adalah volume oli yang berkurang atau cepat habis. Kondisi tersebut sebenarnya bisa dihindari jika pengguna sepeda motor selalu merawat dan mengganti oli secara rutin sesuai jadwal.

Untuk itu, ketahui beberapa penyebab oli mesin sepeda motor berkurang atau cepat habis.

1. Kebocoran di bagian mesin

Yang paling umum ketika oli berkurang secara drastis adalah terdapat kebocoran pada beberapa komponen, diantaranya.

  • Kebocoran pada seal atau karet, terutama di bagian seal klep yang menyebabkan oli masuk ke ruang bakar dan habis terbakar. Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan keluarnya asap putih dari lubang knalpot.
  • Kebocoran pada piston dan ring piston, Efeknya seperti kebocoran pada seal dan penyebabnya bisa karena usia pakai mesin sepeda motor, kualitas oli yang buruk dan oli mesin yang jarang diganti menyebabkan kerusakan pada bagian piston, ring piston atau dinding piston yang menyebabkan volume oli habis karena ikut terbakar karena masuk ke ruang bakar.
  • Kebocoran pada paking atau gasket dimana penghubung antara bagian crankcase dan cover mesin mengalami kerusakan yang menyebabkan kebocoran oli. Biasanya ditandai dengan area yang basah di bagian luar atau bawah mesin, dan jika dibiarkan lama akan timbul kotoran yang bercampur oli sehingga mengeras dan berkerak.

2. Salah penggunaan oli

Penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi, seperti takaran yang tidak sesuai kebutuhan seperti menggunakan oli dengan volume 0,65 liter pada mesin yang membutuhkan oli 0,8 liter atau lebih. Selain menyebabkan volume oli berkurang, juga bisa menyebabkan turunnya performa mesin.

Selain itu, Oli yang digunakan juga harus sesuai dengan tingkat SAE atau ketentalannya, perhatikan juga kode JASOnya (JASO MA untuk cub, sport atau mesin kopling basah, JASO MB untuk mesin motor matic atau kopling kering).

3. Jarang ganti oli

Dan yang menjadi penyebabkan oli berkurang adalah karena jarang mengganti oli, terutama bagi pengendara yang kurang memperhatikan dalam hal perawatan sepeda motor. Jarang ganti oli, atau ganti oli dengan jarak atau periode yang sangat lama juga jarak tempuh yang jauh tentunya menjadi penyebab utama volume oli berkurang.

Dan tak sedikit kasus dimana oli mesin sampai kosong atau hanya tersisa sedikit saja akibat ketidaktahuan dimana mengganti oli secara rutin adalah hal yang sangat penting bagi pengguna sepeda motor.

Untuk itu selalu lakukan penggantian secara rutin dan teratur. Kunjungi bengkel resmi AHASS untuk selalu mendapatkan pelayanan prima dan juga penggantian oli yang sesuai keasliannya juga ditangani oleh mekanik handal dan terlatih agar sepeda motor selalu dalam kondisi optimal untuk digunakan sebagai teman berkendara sehari-hari.