Lampu sein memiliki fungsi untuk memberi sinyal kepada pengendara sekitar jika kendaraan yang kita kemudikan akan berbelok, berpindah jalur atau berkomnukasi jika di area depan ada potensi bahaya ketika ada kendaraan di belakang hendak menyalip.

Tapi ada beberapa masalah yang menyebabkan lampu sein tidak berfungsi. diantaranya.

1. Bohlam lampu sein putus

Untuk menghidupkan lampu sein tentunya harus mengaktifkan tombol atau saklar yang biasanya terdapat pada bagian setang kemudi bagian kanan. Tapi ketika dinyalakan ternyata lampu sein tidak berfungsi. Penyebabnya  adalah karena lampu atau bohlam lampu sein mati atau putus.

Hal tersebut sangat umum terjadi pada model lampu sein yang masih menggunakan bohlam tipe socket biasa. Tapi sangat jarang terjadi pada model lampu sein yang sudah menggunakan lampu LED seperti yang terdapat pada produk terbaru Honda terutama skutik Honda Vario series serta skutik Premium lainnya seperti Honda PCX160 dan ADV160 dan semua varian motor sport Honda dimana memiliki kelebihan usia pakai lampu sein LED yang lebih panjang dan jarang putus.

2. Saklar kotor atau rusak

Jika lampu sein masih dalam kondisi bagus dan masih tetap tidak menyala, ada kemungkinan kerusakan terjadi pada tombol atau saklar dimana biasanya terdapat kotoran yang menghambat kinerja komponen tersebut. Solusinya adalah bisa dengan membersihkannya menggunakan cairan khusus pembersih seperti contact cleaner sampai bagian tersebut bisa kembali normal.

3. Kerusakan pada kelistrikan

Bukan hanya tidak nyala, tapi terkadang masalah terjadi ketika lampu sein menyala tapi redup. Kemungkinan penyebabnya adalah kondisi baterai atau aki yang sudah melemah.

Atau ada juga kasus dimana lampu sein menyala tapi tidak berkedip atau ada juga kondisinya menyala tapi berkedip cepat, hal tersebut disebabkan salah satu komponen kelistrikan yaitu Flasher. Solusinya bisa dengan menggantinya dengan komponen yang baru.

Lampu sein tentunya menjadi bagian yang paling penting pada sepeda motor. Jika tidak berfungsi optimal tentunya akan berpotensi menyebabkan kecelakaan terutama saat hendak digunakan ketika berbelok atau berpindah jalur.

Jadi pastikan selalu untuk mengecek komponen tersebut sebelum melakukan perjalanan, jika terdapat kerusakan disarankan untuk melakukan perbaikan, dan untuk mencegah hal tersebut terjadi selalu lakukan perawatan berkala dan pengecekan terutama pada bagian kelistrikan saat melakukan service rutin di bengkel AHASS untuk menjaganya tetap berfungsi optimal saat berkendara.