Komponen yang mendukung kenyamanan sepeda motor selain jok adalah suspensi atau biasa disebut sebagai shock breaker. Komponen ini memiliki peranan penting yaitu menopang beban motor dan pengendara dan juga meredam getaran dan hentakan dari permukaan jalan.

Suspensi yang ideal yang bisa dirasakan pengendara adalah minim getaran, pantulannya tidak terlalu menghentak, tidak terlalu empuk tapi juga tidak terlalu keras dan tentunya stabil saat dibawa berkendara.

Dari beberapa kasus, Bagian yang sering terjadi masalah ada pada bagian suspensi depan sepeda motor. Ciri-ciri yang bisa dirasakan pengendara diantaranya.

1.Suspensi depan terlalu empuk

Jika dalam kondisi baru, suspensi depan akan bekerja optimal. Tapi seiring berjalannya waktu dan digunakan dalam jangka waktu lama, secara perlahan performanya akan menurun.

Salah satu tandanya adalah suspensi yang terlalu empuk, sehingga ketika dibawa dalam kecepatan tinggi motor terasa tidak stabil dan limbung. Dan bahkan ketika melewati jalan berlumbang akan terjadi gejala bottoming dan benturan bagian dalam suspensi yang menandakan suspensi tidak mampu meredam hentakan.

Beberapa penyebabnya, diantaranya komponen bagian dalam suspensi depan seperti pegas yang sudah melemah atau bisa juga karena kehabisan oli akibat kebocoran dibagian seal, jalur pembuangan oli atau retak dibagian tabung suspensi depan.

2. Suspensi depan terlalu keras.

Suspensi keras akan membuat sepeda motor akan sangat tidak terasa nyaman. Terdapat getaran berlebih akibat tidak bisa meredam gerakan naik turun yang menyesuaikan permukaan jalan, suspensi tidak bisa meredam hentakan dengan baik dan yang memiliki potensi bahaya adalah terjadi gejala oleng dan tidak stabil saat melakukan manuver atau ketika berbelok.

Beberapa faktor penyebab suspensi depan keras, diantaranya.

  • Pengisian oli suspensi yang tidak sesuai takaran dan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.
  • Penyumbatan dibagian jalur oli dibagian dalam bottom atau tabung suspensi depan.
  • Beberapa komponen mengalami kerusakan, seperti batang suspensi yang bengkok dan kerusakan pada seal.

Untuk menjaga kondisi suspensi depan sepeda motor tetap ideal. Disarankan untuk selalu menjaga dan merawatnya. Lakukan service secara berkala di bengkel AHASS untuk menjaga kondisi motor tetap prima terutama bagian suspensi yang menjadi komponen utama untuk mendukung kenyamana berkendara.