Berbeda dengan sepeda motor bertransmisi matic yang memiliki dek, tapi sepeda motor berkopling manual seperti motor sport dan juga cub/bebek menggunakan model pijakan kaki atau yang biasa disebut footstep.

Fungsinya adalah untuk tempat berpijak kaki pengemudi dan penumpang saat berkendara pada sepeda motor. Ada 2 jenis footstep yang biasanya digunakan, diantaranya model fixed atau patent dan satu lagi model lipat.

Untuk model yang fixed biasanya terdapat pada motor bebek atau motor sport dengan kubikasi mesin dan dimensi yang kecil juga lebih ramping. Bahannya terbuat dari besi/baja yang dibalut dengan karet untuk melindungi dari benturan dan kontak langsung dengan kaki pengendara.

Dan satu lagi model footstep yang bisa dilipat yang biasanya terdapat pada model motor sport berkopling manual. Alasan kenapa bisa dilipat ternyata memiliki fungsi, dimana ketika dalam posisi diam dan pengendara hendak memaju mundurkan sepeda motor, tidak menghalangi ruang gerak kaki sehingga lebih leluasa.

Fungsi lainnya footstep yang bisa dilipat adalah lebih memudahkan ketika menyalakan sepeda motor menggunakan kick starter. Selebihnya adalah faktor desain yang membuat model footstep yang bisa dilipat terlihat sporty.

Satu lagi yang unik pada model footstep yang bisa dilipat adalah memiliki tonjolan dibagian ujungnya yang berfungsi sebagai penanda batas kemiringan ketika sepeda motor melakukan cornering. Selain itu juga untuk lebih memudahkan ketika membuka lipatan saat akan digunakan.

Footstep jenis ini biasanya terdapat motor sport berperforma tinggi yang biasanya bisa dibawah trackday di sirkuit seperti Honda CBR250RR, CBR150R dan juga jajaran Big Bike Honda.