Sepeda motor memiliki beragam macam jenis dan model lampu dengan masing-masing fungsinya. Dari mulai lampu utama, lampu rem, lampu sein, lampu penerang plat nomor dan satu lagi yang tak kalah pentingnya yaitu lampu Daytime Running Light (DRL). Lalu, apa fungsinya lampu ini?

Dikenal juga dengan lampu senja, Lampu Daytime Running Light (DRL) memiliki fungsi untuk meningkatkan visibilitas sepeda motor agar lebih mudah dikenali pengguna jalan lain ketika berkendara. Berbeda dengan lampu utama yang menerangi jalan yang dilewati, lampu DRL justru agar pengguna jalan bisa melihat posisi sepeda motor yang kita kendarai dari kejauhan.

Selain itu lampu DRL juga bisa sebagai identitas dan karakteristik yang unik sehingga setiap model sepeda motor memiliki desain dan karakter DRL yang berbeda-beda. Untuk itu, lampu DRL biasanya diletakan pada posisi yang strategis yaitu dekat dengan posisi lampu utama agar mudah dikenali dan terlihat oleh pengendara lain.

Seperti contoh, lampu DRL Honda Vario series posisinya menyatu tepat diatas lampu utama. Untuk sepeda motor bebek seperti New Honda Supra-X125 dan Honda Revo series, posisi lampu DRL menyatu dengan lampu sein yang letaknya berada di bodi depan sepeda motor dan terpisah dengan lampu utama.

Sedangkan lampu DRL untuk model Honda CBR150R dan new Honda CBR250RR memiliki karakteristik yang unik dan merupakan inovasi dari Honda sehingga memiliki dua fungsi yakni selain menjadi lampu DRL juga sebagai sinyal lampu sein.

Lampu DRL diaktifkan secara otomatis saat sepeda motor mulai dinyalakan. Berbeda dengan sepeda motor lawas dimana lampu utama hanya dinyalakan pada malam hari, dan lampu DRL menyala hanya saat siang hari saja. Tapi untuk sepeda motor keluaran terbaru, baik lampu DRL dan lampu utama diwajibkan untuk terus menyala ketika berkendara baik siang maupun malam hari. Karena hal tersebut termasuk kedalam peraturan undang-undang. Untuk itu, jika pengendara melepas atau tidak menggunakan perangkat lampu termasuk lampu DRL saat berkendara merupakan tindakan pelanggaran.

Untuk semua varian produk Honda, DRL sudah menggunakan sistem lampu LED yang lebih hemat energi dan efisien serta bisa lebih awet dan tahan lama. Tampilannya pun semakin menarik dan berkarakter. Perawatannya pun terbilang cukup mudah, karena yang terpenting adalah dengan menjaga kondisi baterai atau aki agar tetap prima agar semua perangkat elektronik termasuk semua komponen lampu bisa bekerja dengan maksimal.