Salah satu perbedaan sepeda motor terbaru dengan produk lawas bisa kita lihat pada bagian knalpot, dimana sepeda motor generasi terbaru, selain sudah mengusung teknologi yang semakin canggih tapi juga mengutamakan keselamatan bagi penggunanya, yaitu dengan menggunakan muffler protector atau cover pelindung bagian luar knalpot. Berbeda dengan sepeda motor versi keluaran lama yang tidak memiliki komponen tersebut.

Walaupun tampak sederhana, tapi ternyata muffler protector atau cover knalpot juga memiliki banyak fungsi diantaranya.

1. Pelindung panas

Knalpot merupakan komponen untuk mengeluarkan gas buang hasil pembakaran, bagian ini memiliki suhu yang panas sehingga jika terkena kaki pengendara maka akan menyebabkan kulit melepuh dan terbakar. Untuk menghindari hal tersebut, maka knalpot pada produk sepeda motor terbaru baik jenis matic, bebek maupun sport sudah dilengkapi dengan cover knalpot.

Terbuat dari plastik yang tahan panas, komponen ini tentunya bisa melindungi kaki dari sentuhan tidak sengaja ataupun radiasi langsung dari panas yang dihasilkan pada knalpot sepeda motor.

2. Pelindung dari debu dan kotoran

Selain itu, cover knalpot juga bisa melindungi debu dan kotoran seperti lumpur dari jalanan supaya tidak langsung mengenai silensir ataupun pipa knalpot. Sehingga knalpot menjadi lebih awet dan tahan lama. Komponen tersebut juga dibuat mudah dilepas pasang menggunakan mur dan baut sehingga mudah untuk dicuci atau dibersihkan.

3. Pelindung dari benturan

Cover knalpot pun bisa meminimalisir kerugian akibat benturan atau kecelakaan, dimana saat terjatuh maka cover knalpot lah yang akan bersentuhan langsung dengan aspal sehingga bagian silinser knalpot lebih aman dan terlindungi. Karena terbuat dari bahan plastik atau logam berbentuk plat yang ringan, sehingga komponen cover knalpot memiliki harga yang lebih murah ketika melakukan penggantian.

4. Estetika desain

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung, cover knalpot pun menjadi pendukung estetika desain yang membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih menarik. Desain knalpot menjadi tampak lebih besar, lebih compact, lebih sporti dan juga lebih terlihat modern.

Untuk merawat cover knalpot juga terbilang cukup mudah, sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor. Komponen ini harus dibersihkan secara rutin. Karena bisa dilepas pasang dengan mudah, cukup membuka mur dan baut, cover knalpot bisa dibersihkan secara menyeluruh bagian dibagian dalam dan luarnya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan servs secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor dirawat oleh teknisi tersertifikasi dan sparepart yang dijamin keasliannya. Gunakan layanan booking servis untuk servis bebas antri.