Brosis mungkin pernah mengalami kendala mencari motor sendiri ketika di parkiran, apalagi sepeda motor yang digunakan memiliki kemiripan dengan model yang orang lain miliki. Solusinya mungkin hanya dengan mencari plat nomor atau ciri-ciri fisik yang lebih detail. Itupun tentunya terbilang ribet dan membutuhkan waktu lama. Tapi buat sepeda motor yang memiliki fitur ini, kendala tersebut tentunya tidak akan Brosis temui.

Fitur tersebut adalah Answer Back System yang dimana fitur tersebut sangat berguna untuk menemukan dan memberitahu posisi sepeda motor yang kita parkir ketika model tersebut diaktifkan. Biasanya fitur answer back system menyatu dengan fitur anti thief alarm (sistem alarm anti-maling) yang berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer berbunyi dan lampu sein berkedip.

Penyematan fitur canggih seperti answer back system dan anti thief alarm ini akan meningkatkan rasa aman dan nyaman pada pengguna sepeda motor. Fitur ini menggunakan consol berupa remote Honda Smart Key System dengan tombol untuk mengaktifkannya. Saat system answer back digunakan, lampu sein sepeda motor Honda akan berkedip disertai dengan bunyi buzzer.

Lantas, ketika tombol remote pada answer back system ini ditekan, apakah motor lainnya yang se-tipe dengan motor kita akan ikutan berbunyi juga?

Tentu tidak, karena setiap unit sepeda motor yang menggunakan answer back system ini memiliki chip dan code ID-nya masing-masing, jadi tidak akan terjadi gejala tertukar atau sepeda motor lain menyala bersamaan.

Yang menarik, Volume bunyi pada fitur answer back system ini ternyata dapat diatur sesuai keinginan penggunanya.  

Berikut cara mengatur volume bunyi buzzer answer back pada sepeda motor ADV 160 yang sudah menggunakan remote smart key : 

  1. Pastikan bahwa sistem Honda Smart Key diaktifkan.
     
  2. Tekan kunci kontak untuk mengotentikasi system Honda Smart Key.
     
  3. Tekan dan tahan kunci kontak selama lebih dari 4 detik.
    - Indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak berkedip.
     
  4. Tekan kunci kontak 1 kali saat indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak berkedip.
    - Indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala, dan buzzer berbunyi.

     

  5. Ulangi 3 kali langkah berikut ini:
    Tekan tombol answer back/alarm pada Honda Smart Key sebanyak 2 kali dan kunci kontak 1 kali. 
  • Saat kunci kontak ditekan, indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak mati, dan buzzer berbunyi. Pastikan indicator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala kembali sebelum input selanjutnya. 
  • Saat tombol answer back/alarm ditekan, LED pada Honda Smart Key menyala. Pastikan LED mati sebelum menekan tombol lagi. 
  • Ketika tombol answer back/alarm atau kunci kontak tidak ditekan selama 1 menit, indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak berkedip 3 kali, kemudian buzzer berbunyi dan mode dibatalkan. Kembali ke 1 dan lakukan prosedurnya lagi. 
  • Jika salah menekan tombol answer back/alarm dalam beberapa kali, matikan sistem Honda Smart Key sebelum mengulangi prosedur 3 kali, kemudian ulangi prosedur 3 kali lagi. 
  • Tekan tombol answer back/alarm untuk memilih salah satu dari 3 tingkat volume suara. Indikator Honda Smart Key dan lampu ring kunci kontak menyala saat menyetel. 

Selain dapat mengatur tingkat volume suara buzzer, Honda Smart Key System juga dapat digunakan untuk mengganti pola bunyi suara buzzer hingga mematikan suara buzzer menjadi mode senyap. 

Jika merasa kesulitan untuk melakukan pengaturan tersebut, minta bantuan kepada teknisi atau service advisor AHASS saat melakukan servis sepeda motor. Jangan lupa juga untuk menjaga mesin dan performa sepeda motor tetap optimal dengan melakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor mendapatkan Servis Pasti Dari Yang Ahli. Manfaatkanlah layanan Booking Service atau Layanan Kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.