Bearing atau laher merupakan bagian penting pada sepeda motor, Memiliki fungsi sebagai bantalan pada as roda depan dan belakang sehingga bisa berputar dengan maksimal dan tanpa kendala, bearing juga berfungsi sebagai tumpuan beban daripada sepeda motor dan juga penumpang sehingga komponen tersebut diharuskan memiliki kualitas material yang baik agar awet dan tahan lama.

Jika komponen tersebut mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan munculnya karat seperti bubuk berwarna merah di bagian as roda belakang, velg goyang atau oblak dan juga perubahan pada bentuk dan tingkat presisi bearing. Dan banyak faktor yang menyebabkan bearing rusak, diantaranya

  • Usia pakai yang melebihi kemampuannya
  • Kesalahan pemasangan dimana ketika melepas atau memasangkan bearing tidak presisi atau tidak tepat pada posisi seharusnya.
  • Menggunakan spare part palsu atau berkualitas dibawah standar.
  • Penyebab lainnya karena perilaku berkendara yang sering melewati jalanan rusak tanpa mengurangi kecepatan.

Bearing yang mengalami kerusakan juga akan menyebabkan beberapa dampak yang bisa dirasakan secara langsung oleh pengendara, diantaranya.

  1. Saat berkendara di jalan lurus dan rata motor menjadi tidak stabil seperti bergoyang di bagian setang kemudi, terutama saat berada di kecepatan tinggi dan ketika bermanuver atau berbelok motor menjadi oleng.
  2. Muncul noise atau suara mengganggu dibagian as roda depan atau belakang, ditandai dengan suara berdecit atau berderit.
  3. Putaran roda terhambat atau seret, sehingga menyebabkan laju sepeda motor menjadi kurang bertenaga

Jika kondisi tersebut dibiarkan maka akan berdampak kerusakan pada komponen lainnya seperti teromol atau juga pada bagian velg sepeda motor, bahkan jika kondisi kerusakan bearing semakin parah akan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Bearing merupakan komponen sepeda motor yang tidak bisa diperbaikin, sehingga solusi yang tepat adalah melakukan penggantian menggunakan bearing dalam kondisi baru.

Segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara menyeluruh pada sepeda motor agar bisa ditangani oleh mekanik handal berpengalaman dan juga agar ketika melakukan penggantian dan pemasangan akan selalu terjamin presisi dan keasliannya sehingga sepeda motor bisa kembali digunakan dengan aman dan nyaman.