Spakbor sepeda motor terutama dibagian kolongnya merupakan bagian yang sering luput perhatian ketika dibersihkan saat brosis mencuci. Alasannya biasanya karena susah dijangkau atau juga mungkin hanya karena tidak terlihat pandangan, jadi walaupun kotor pemiliki kendaraan merasa tidak menjadi masalah.

Padahal kebersihan sepeda motor harus menyeluruh, bukan hanya bagian luarnya saja, bagian mesin dan area yang tertutup. Sehingga area dalam spakbor baik depan maupun belakang juga harus mendapat perhatian dan perawatan.

Kebersihan area bagian dalam spakbor juga bisa penentu harga jual sepeda motor akan tetap terjaga dan bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah pada sepeda motor.

Misal jika kotoran yang menempel di bagian dalam hanya kerak kotoran dan lumpur yang mengering menandakan kondisi mesin motor masih sehat dan tanpa masalah, hanya pemiliknya saja yang kurang menjaga kebersihan.

Tapi jika terdapat kerak oli yang berwarna hitam dan sedikit basah bisa menjadi penanda adanya kebocoran di bagian mesin. Jika sepeda motor brosis ada tanda-tanda ini harus segera mengecek kondisi mesin dan melakukan service dan perbaikan.

Lalu, bagaimana cara merawat dan membersihkan bagian area dalam kolong sepeda motor?

Caranya cukup mudah, hanya butuh kesebaran dan ketelitian. Ketika mencuci motor, sama seperti bagian lainnya, area kolong spakbor juga harus disemprot dengan air, lalu dibilas dengan air dan sabun menggunakan lap, busa atau kanebo.

Namun berbeda dengan bagian lainnya, area ini memang cukup sulit sehingga harus mendapat perhatian ekstra. Karena dibagian ini kotoran sering berkerak, maka harus dibersihkan dengan menggunakan sikat.

Jika ada kotoran seperti oli yang sudah dibersihkan, Brosis bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kerak dan kotoran mesin yang bisa dibeli di toko online dan yang lainnya. Tapi jika dalam keadaan darurat ada tips yang bisa lebih mudah dan lebih hemat.

Brosis cuma menambahkan sabun tambahan yang sedikit lebih banyak ketika membersihkannya dengan sikat, atau ada cara lain yakni menggunakan campuran larutan air dan citrun yang biasanya digunakan untuk membersihkan pakaian.

Ada juga beberapa tips yang menggunakan cairan pembersih lantai, cara tersebut memang ampuh untuk merontokan kotoran, tapi sangat beresiko karena cairan tersebut bersifat abrasif dan berpotensi merusak lapisan logam dan plastik dan bahkan bisa menyebabkan karat, jadi jangan sampai dilakukan ya brosis.