Berbeda dengan sepeda motor lawas yang hanya terdiri dari beberapa tombol saja, produk keluaran terbaru tombol atau saklar pada sepeda motor kini semakin kompleks dan lebih banyak. Dan tentunya untuk membudahkan pengoperasian perangkat elektronik pada sepeda motor.

Untuk tipe matic, pada umumnya tombol-tombol pada saklar terdiri dari tombol starter, kemudian tombol lampu sein kiri dan kanan, tombol lampu jauh dan dekat, tombol klakson dan untuk sepeda motor yang menggunakan system Idling Stop System maka posisi tombolnya biasanya terdapat pada saklar di bagian kanan. Bahkan untuk tipe skutik premium seperti Honda ADV160 terdapat saklar dan kursor untuk mengoperasikan panel speedometer yang canggih.

Karena termasuk komponen vital karena terhubung dengan kelistrikan, tombol atau saklar pada sepeda motor juga jangan sampai luput dari perawatan. Karena jika komponen tersebut mengalami kerusakan, maka aktifitas berkendara akan terkendala.

Seperti misal ketika terjadi kendala saat susah mengidupkan motor karena tidak bisa distarter, diagnosa awal pastinya akan tertuju pada aki atau baterai, tapi terkadang ada beberapa kasus kerusakan terjadi justru pada komponen tombol starter.

Untuk itu, berikut ini adalah tips merawat tombol dan saklar khususnya untuk produk sepeda motor tipe matic.

Jaga Kebersihan Tombol

Sama seperti komponen lainnya, tombol pada saklar sepeda motor juga harus terjaga kebersihannya. Yaitu ketika mencuci sepeda motor, bagian tersebut jangan sampai terlewat untuk selalu dibersihkan. Bahkan, sebenarnya tombol pada saklar sering kali banyak menempel debu dan kotoran yang jika lama kelamaan akan menumpuk dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Gunakan cairan pembersih khusus

Kerusakannya tak hanya dibagian tombolnya saja, tapi dibagian belakangnya yang merupakan komponen kelistrikan. Maka dari itu, selain dibersihkan ketika mencuci, maka harus sering diberikan contact cleaner atau cairanpembersih khusus yang tidak menyebabkan korosi untuk membersihkan di bagian dalamnya, supaya kotoran yang menempel pada komponen kelistrikan rontok dan tidak merusak.

Terjaga dari cuaca

Untuk membuatnya tetap awet, hindari komponan tombol pada saklar sepeda motor terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung, caranya dengan parkir di tempat yang teduh atau tutup dengan cover ketika hujan atau terik panas di siang hari.

Hindari perangkat modifikasi

Untuk membuat komponen tombol pada saklar sepeda motor tetap awet, disarankan untuk tidak melakukan modifikasi yang merubah bagain tombol pada saklar. Karena selain berpotensi merusak juga bisa menggugurkan klaim garansi.

Tapi sering digunakan dan terpapar cuaca secara langsung, otomatis karena usia pakai tombol pada saklar juga pada waktunya harus diganti dengan yang baru. Disarankan untuk selalu menggunakan komponen tombol dan saklar yang asli untuk menjamin kualitas dan kewetannya tetap terjaga.